visitaaponce.com

Kota Palembang Antisipasi Banjir di Musim Hujan

Kota Palembang Antisipasi Banjir di Musim Hujan
Ilustrasi(Dok MI)

MENJELANG masuknya musim hujan, Pemerintah Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, mulai mengantisipasi banjir. Salah satu upaya pencegahan yakni dengan melakukan pengerukan sendimentasi aliran anak sungai.

"Kita mulai mengantisipasi banjir dengan memaksimalkan sarana dan prasarana penanganannya,," ujar Penjabat Wali Kota Palembang, Ratu Dewa, Jumat (27/10/2023).

Selain memperbaiki saluran drainase, Pemkot Palembang juga rutin membersihkan gorong-gorong, dan bergotong royong membersihkan anak sungai serta menyiagakan rumah pompa."Sudah kita antisipasi bersama Dinas PUPR untuk mengatasi banjir ini, karena sebentar lagi memasuki musim hujan," kata dia.

Baca juga : Musim Hujan Tiba, Jawa Barat Siaga Bencana

Kepala Bidang Sumber Daya Alam Dinas PUPR Palembang, Marlina Sylvia mengatakan, pihaknya pun menggencarkan edukasi dan memaksimalkan peningkatan kualitas masyarakat.

"Karena sebagus dan selengkap apapun sarana yang ada, kalau SDM-nya rendah atau belum sadar tetap tidak akan berhasil juga. Kita terus mengedukasi masyarakat agar tertib jangan membuang sampah sembarangan, jangan mendirikan bangunan di atas saluran air, atau jangan menutup gorong-gorong sehingga sulit dibersihkan dan lainnya," jelasnya.

Baca juga : BMKG: Fase Bulan Purnama Datang, Waspada Banjir Rob

Diakuinya, edukasi menjadi poin utama dalam penanggulangan banjir supaya masyarakat juga bersama-sama menjaga lingkungan. Sebab jika hanya mengandalkan petugas saja dirasa tidak akan cukup.

Sarana penanganan banjir pun sudah dipasang di anak sungai, seperti perangkat sampah agar tidak terbawa ke Sungai Musi. 

"Semua pihak harus bersama-sama meningkatkan kesadaran, jangan melakukan hal yang bisa mendorong terjadinya banjir," pungkasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat