visitaaponce.com

Wakili Jateng, KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan Dinobatkan Terbaik di Bidang UMKM

Wakili Jateng, KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan Dinobatkan Terbaik di Bidang UMKM
Dirjen IKP Kemenkominfo RI Usman Kansong menyerahkan hadiah setelah KIM Kraton Kidul, Pekalongan dinonatkan sebagai yang terbaik.(MI/Haryanto)

KELOMPOK Informasi Masyarakat (KIM) Kraton Kidul, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah berhasil terpilih sebagai KIM Terbaik di Bidang UMKM, di ajang Festival KIM 2023. Penghargaan diserahkan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI Usman Kansong di Gedung Agung Surabaya, Sabtu (28/10) malam.

Menurut Usman, di kompetisi kali pertama yang diselenggarakan tahun ini tersebut, memang baru ada tiga bidang, yakni UMKM, pariwisata, serta pertanian, termasuk perkebunan, perikanan, dan peternakan. Namun, ke depan, pihaknya akan menambah kategori yang dilombakan.

Dia menyatakan rasa bangga, mengingat KIM yang berkompetisi pada festival kali ini, sudah cukup baik. Bahkan, pihaknya memberikan lima apresiasi tambahan, yakni KIM adaptif, inovatif, inspiratif, aspiratif, dan kreatif, agar mereka memiliki semangat untuk terus memajukan KIM, mengangkat potensi kearifan lokal, sekaligus membantu pemerintah dalam mendiseminasikan informasi, kebijakan, dan program pemerintah kepada masyarakat.

Baca juga: Kekeringan di Pekalongan Meluas, Warga Berjalan Jauh Dapatkan Sumber Air

Usman juga mengusulkan kepada Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Hasyim Gautama, untuk memberikan apresiasi khusus kepada KIM berprestasi. Misalnya, memberikan kesempatan magang di Kementerian Kominfo, mendapat pelatihan atau digital talent scholarship. Dia berharap, KIM lainnya dapat mengikuti festival pada tahun depan.

Kebanggaan

Ketua KIM Kraton Kidul Zaenal Muhibbin sempat terkejut saat pengumuman. Pasalnya, seusai pengumuman pemenang KIM adaptif, inovatif, inspiratif, aspiratif, dan kreatif, nama KIM-nya tidak kunjung disebut.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami, selama ini baru pertama kali ada lomba KIM, dan yang pertama kali pula kami dianugerahi penghargaan sebagai KIM Terbaik Bidang UMKM," ungkapnya saat ditemui seusai menerima penghargaan.

Baca juga: Restoran ke-300 McDonald's Indonesia Hadir di Pekalongan

Zaenal menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Pemerintah Kota Pekalongan, dan sedulur KIM, yang telah memberikan dukungan.

"Ternyata peran IT sangat signifikan. Karena pemasaran tidak hanya menggunakan pasat tradisional, tapi sudah menggunakan digital," kata Zaenal. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat