visitaaponce.com

Pemkot Denpasar Gelar Bimtek bagi Pengelola Lembaga Perkreditan Desa LPD

Pemkot Denpasar Gelar Bimtek bagi Pengelola Lembaga Perkreditan Desa (LPD)
Bimtek LPD yang digelar Pemkot Denpasar(MI/Ruta Suryana)

PEMERINTAH Kota Denpasar memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada pengelola Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kota Denpasar, Selasa (31/10).

Kegiatan itu sebagai dukungan kepada Desa Adat sebagai pemilik LPD. Dengan peningkatan kualitas pengelolaan LPD secara menyeluruh diharapkan dapat mendukung penguatan LPD dan mendukung kemajuan Desa Adat.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Denpasar, I Made Toya mengatakan, kegiatan bimtek adalah salah satu dari berbagai program dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan LPD.

Baca juga : Desa Tegal Harum Denpasar Masuk Tahap Visitasi Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Nasional

"Kami berharap peserta dapat mengikuti kegiatan sesuai bingkai regulasi yang ada, sehingga ke depannya LPD terus tumbuh dan berkembang serta berdaya saing," ujar Made Toya pada saat membuka kegiatan bimtek di Denpasar, Selasa (31/10).

Ia menjelaskan, setiap desa adat di Bali memiliki lembaga keuangan bernama LPD sebagai penyangga tumbuh kembangnya budaya desa Adat. Hal ini mengingat dalam tatanan kehidupan masyarakat Bali tak bisa lepas dari adat budaya berlandaskan filosofi Tri Hita Karana.

Baca juga : EIGER Sunset Road Bali Hadirkan Ruang Community Hub Beragam Komunitas di Bali

Made Toya menuturkan, gagasan Prof. Ida Bagus Mantra, mantan Gubernur Bali, membentuk lembaga keuangan penggerak roda ekonomi masyarakat adat di Bali sangat dirasakan manfaatnya hingga saat ini.

Dalam praktiknya, LPD berperan menjalankan fungsi pengelolaan sumber daya keuangan milik desa adat dalam bentuk simpan pinjam dan keperluan pembiayaan kehidupan krama desa adat, selain juga memiliki fungsi sosial kultural mempertahankan adat budaya Bali.

Sementara Kepala Dinas DPMD Kota Denpasar, I Wayan Budha mengatakan, jumlah peserta dari kegiatan bimtek pengelola LPD Kota Denpasar kali ini diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari 35 LPD di Kota Denpasar. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat