visitaaponce.com

BPBD Gunungkidul telah Salurkan 22 Juta Liter Air Bersih

BPBD Gunungkidul telah Salurkan 22 Juta Liter Air Bersih
Penyaluran air bersih di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.(MI/AGUS UTANTORO)

BADAN Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul hingga saat ini sudah menyalurkan 4.491 tangki air bersih. Tiap-tiap tangki, berkapasitas 5.000 liter.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sumadi menjelaskan, air bersih yang dibagikan untuk warga di 12 kecamatan  (kapanewon) itu termasuk 500 tangki bantuan masyarakat.

"Bantuan dari masyarakat memang cukup banyak, menurut perkiraan saya lebih dari itu. Banyak bantuan yang tidak dilaporkan ke kami," kata Sumadi, Minggu (5/11).

Kapanewon yang menjadi sasaran penyaluran air bersih itu antara lain Saptosari, Panggang, Gedangsari, Girisubo, Nglipar, dan Patuk. Masing-masing kecamatan memiliki anggaran untuk pengadaan dan penyaluran air bersih yang besarannya berbeda-beda.

Baca juga:

128 Ribu Liter Air Bersih Disalurkan pada Warga Bekasi

BPBD Klaten Masih Terus Salurkan Bantuan Air Bersih Sampai Musim Penghujan

Namun kini sebagian kecamatan sudah kehabisan anggaran, sehingga kemudian disalurkan air bersih dari BPBD dan bantuan dari masyarakat.

BPBD, ujarnya memiliki dana cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu yang berada di BTT (Belanja Tak Terduga) yang ada di APBD Kabupaten Gunungkidul.

Ia membenarkan, dana itu bisa dengan cepat dicairkan karena saat ini status siaga darurat bencana, yang memudahkan untuk mengakses dana di BTT. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat