visitaaponce.com

128 Ribu Liter Air Bersih Disalurkan pada Warga Bekasi

128 Ribu Liter Air Bersih Disalurkan pada Warga Bekasi
Warga Kabupaten Bekasi dapat bantuan air bersih(Ist)

Kemarau panjang dan kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Indonesia juga dirasakan warga Kabupaten Bekasi. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi pada Minggu, 3 September 2023, sebanyak 10 kecamatan dan 32 desa di wilayah ini terkena dampak kekeringan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kekeringan yang sedang dialami warga sekitar daerah operasi, PT Pertamina EP (PEP) Field Tambun yang merupakan bagian dari Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 128 ribu liter di wilayah Kabupaten Bekasi.

Bekerja sama dengan pemerintah desa setempat, bantuan air bersih juga didistribusikan ke Desa Buni Bakti dan Desa Pantai Hurip, Babelan, Bekasi, pada Rabu 16 Oktober 2023. Sebelumnya perusahaan juga mengirimkan bantuan air bersih ke Desa Muara Bakti dan Desa Segarajaya pada pekan lalu

Senior Manager PEP Tambun Field Gondo Irawan mengatakan, pihaknya turut prihatin dengan kekeringan yang dirasakan warga. “Semoga bantuan  yang diberikan ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih oleh warga sekitar,” ujarnya.

Baca juga: Pemda Flotim Distribusikan 100 Ribu Liter Air Bersih ke Desa yang Kekeringan

Kepala Desa Muara Bakti Asmawi mengatakan, kemarau panjang membuat warganya kesulitan memperoleh air bersih, karena itu bantuan air bersih ini sangat dinantikan warga. “Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih banyak kepada Pertamina EP Tambun Field. Semoga bantuan ini membawa berkah bagi kita semua,” katanya.

Di lokasi lain, dampak kemarau panjang ini juga dirasakan oleh warga di kecamatan di Kabupaten Karawang seperti Tegalwaru, Pangkalan, Ciampel, Telukjambe Barat, dan Klari. Tercatat sebanyak 36.272 jiwa atau 12.076 kepala keluarga ikut terdampak kekurangan air bersih selama dua bulan terakhir.

Baca juga: Relawan Kawan Juang GP Bagikan Air Bersih kepada Warga di Purwakarta, Jabar

Kabid Logistik dan Kegawatdaruratan BPBD Karawang, Ferry Muharram, mengatakan bahwa dampak kemarau panjang di wilayahnya setidaknya dirasakan 18 desa di lima kecamatan. Pihaknya bersama sejumlah pihak terus berkolaborasi memasok kebutuhan air bersih. Pada 15 Oktober lalu, dua armada tangki air berkapasitas 5 ribu dan 3 ribu liter dipasok dari Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina selaku pengelola wilayah kerja migas area Jawa Bagian Barat. Hingga saat ini total sudah 600 ribu liter air dipasok ke empat kecamatan yang terdampak di Karawang. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat