visitaaponce.com

BPBD Banyumas Siapkan Tim Reaksi Cepat, Antisipasi BencanaHidrometeorologi

BPBD Banyumas Siapkan Tim Reaksi Cepat, Antisipasi Bencana Hidrometeorologi
Ilustrasi puting beliung(Freepik)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) telah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) bencana hidrometeorologi. Bahkan, pekan lalu telah dilaksankan apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan bahwa pihaknya bersama TNI, Polri dan stakeholders lainnya siap untuk menghadapi musim penghujan yang datang.

"Kami harus siap menghadapi musim penghujan karena ada beberapa wilayah yang rawan terjadi bencana longsor, banjir dan 
angin puting beliung," kata Budi pada Senin (6/11).

Baca juga : Masuk Musim Penghujan, BNPB Imbau Masyarakat Waspadai 2 Hal Ini

Menurut Budi, beberapa waktu lalu, Pemkab bersama Polresta Banyumas dan Kodim 0701/Banyumas telah menggelar apel kesiapsiagaan bencana. 

"Apel pasukan dan kesiapsiagaan bencana telah dilaksanakan. Kegiatan itu sudah rutin dilakukan guna persiapan menghadapi bencana hidrometeorologi seperti longsor, banjir dan angin puting beliung," jelasnya.

Baca juga : BMKG Beri Warning, Gubernur Jatim Instruksikan Mitigasi Bencana

Bahkan, lanjutnya, pihaknya telah membentuk TRC lintas sektor yang terdiri , dari berbagai unit baik TNI, Polri, BPBD, dan stakeholders terkait lainnya. 

"TRC tersebut dibentuk agar ketika terjadi bencana, segera ada yang langsung ke lapangan," katanya.

Selain itu, berbagai peralatan juga telah dicek. Misalnya, perahu karet, mobil pemadam kebakaran, truk, tangki, senso, cangkul, gergaji dan lain-lain. Juga ada excavator yang berfungsi untuk mengangkat puing maupun material bencana yang perlu dipindahkan.

"Apabila suatu saat terjadi bencana, kita pun siap. Bersinergi antara pemerintah, swasta, perguruan tinggi, masyarakat, TNI, Polri, termasuk kita juga mengecek kesiapan personel dan sarana prasarananya," tambah Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat