visitaaponce.com

Erha Tiada, Harimau Sumatra Penghuni Medan Zoo Tersisa 5 Ekor

Erha Tiada, Harimau Sumatra Penghuni Medan Zoo Tersisa 5 Ekor
Ilustrasi - Harimau Sumatra ditemukan mati di kandangnya. Kematian Erha membuat total harimau yang tersisa tinggal 5 ekor.(MI/Amir)

KEBUN binatang Medan kehilangan satu dari enam koleksi satwa Harimau Sumatra, setelah petugas Ahmad Arfan menemukan Erha mati di kandang, pada Senin (6/11) pagi.

"Harimau tersebut lahir tahun 2012 atau mati dengan umur 11 tahun," ungkapnya, Selasa (7/11).

Menurut Ahmad, Erha sudah lima hari sakit. Bahkan tiga hari sebelum mati, satwa bernama latin Panthera tigris sumatrae itu sudah tidak mau makan.

Baca juga: Puma Albino Langka Lahir di Kebun Binatang Nikaragua

Ahmad mengaku pengelola Medan Zoo sempat merawat Erha secara intensif dan memberi vitamin dan obat-obatan. Namun nyawa Erha tidak terselamatkan.

Erha pun dikuburkan tiga setengah jam setelah itu di dalam kawasan Medan Zoo. Setelah Erha mati, jumlah Harimau Sumatera yang menghuni Medan Zoo tersisa lima ekor, dengan jumlah total 12 ekor satwa harimau jika ditambah dengan tujuh Harimau Benggala.

Baca juga: Harimau Sumatra Terjebak Jerat Babi di Simalungun Berhasil Dievakuasi

Ahmad mengakui satwa-satwa penghuni Medan Zoo sempat mengalami kekurangan perawatan. Namun kondisi itu terjadi pada masa-masa pandemi Covid-19.

Selama masa pandemi, kunjungan wisatawan ke Medan Zoo menurun drastis sehingga dana pemasukan menjadi sangat minim. Akibatnya, biaya perawatan nyaris tidak tersedia sehingga tidak sedikit dari satwa-satwa tersebut tidak dalam kondisi yang baik dan belum benar-benar pulih sampai sekarang.

Rahudman Harahap, tokoh warga Medan, menilai meski pandemi sudah berlalu, tetapi kondisi Medan Zoo hingga kini masih sangat memperihatinkan. "Banyak koleksi hewan yang tidak terawat, termasuk Harimau Sumatera yang mati," ujarnya.

Rahudman meminta Wali Kota Medan Bobby Nasution memberi perhatian lebih serius terhadap kondisi Medan Zoo. Karena selain sebagai salah satu tempat pelestarian satwa, Medan Zoo juga menjadi objek wisata andalan di kota ini. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat