visitaaponce.com

Helldy Ajak Masyarakat Beri Masukan untuk Menyusun RPJPD Cilegon 2025-2045

Helldy Ajak Masyarakat Beri Masukan untuk Menyusun RPJPD Cilegon 2025-2045
(DISKOMINFO CILEGON)

BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Cilegon menggelar Forum Publik Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Cilegon Tahun 2025-2045, di Royale Krakatau Hotel Cilegon, Senin (13/11).

Acara Dihadiri Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Sekertaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Miraj, unsur Forkopimda, Asisten Daerah dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, serta para lurah se-Kota Cilegon.

Dalam kesempatan itu, Helldy mengajak masyarakat Kota Cilegon menyampaikan masukan terkait harapan dan cita-cita masyarakat untuk Cilegon 20 tahun yang akan datang. 

Baca juga: Hari Pahlawan Nasional, Wali Kota Cilegon Raih Penghargaan Bintang Veteran

"Tujuan diadakannya Forum Konsultasi Publik RPJPD Kota Cilegon merupakan tahapan awal dari banyaknya tahapan-tahapan dalam menyusun perencanaan dengan kurun waktu jangka panjang. Oleh karenanya silahkan sampaikan ide dan gagasan Anda," kata Helldy, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Senin (13/11). 

Lebih lanjut Helldy menegaskan, penyusunan rencana jangka panjang ini merupakan amanat dari UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, bahwa seluruh kota, kabupaten dan provinsi diamanatkan untuk menyusun dokumen RPJPD sebagai pedoman penyusunan pembangunan dua 20 tahun ke depan.

Helldy berharap dengan adanya forum ini, stakeholder dapat mencurahkan pemikiran dan masukan yang berdampak baik terhadap pembangunan Kota Cilegon.

Baca juga: Pelajari dan Dukung Implementasi Teknologi BBJP, Kementerian Korea Selatan Kunjungi Kota Cilegon

"Saya berharap dengan diadakannya forum konsultasi publik ini, para stakeholder yang hadir pada hari ini dapat mencurahkan seluruh pemikiran dan memberikan masukan yang memiliki dampak yang sangat signifikan di masa yang akan datang," Jelasnya.

Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Miraj menjelaskan delapan faktor pengembangan wilayah sekaligus menjadi pilar agenda transformasi. Antara lain mewujudkan transformasi sosial, transformasi ekonomi, transformasi tata kelola, memantapkan supremasi hukum dan stabilitas serta kepemimpinan, memantapkan ketahanan sosial budaya dan ekologi, pembangunan kewilayahan, dukungan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan, serta kesinambungan pembangunan untuk mengawal pencapaian indonesia emas.

"Saya minta forum konsultasi publik ini benar-benar digunakan untuk menjadi daya tangkap aspirasi dan partisipasi masyarakat tentang bagaimana Kota Cilegon ke depan," ujar Isro. 

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Kota Cilegon Wilastri Rahayu menyampaikan, tujuan digelarnya acara Forum Konsultasi Publik ini untuk memayungi seluruh arah kebijakan dan target-target yang akan dicapai, serta akan selalu dijadikan pedoman dalam tahapan-tahapan RPJMD per lima tahun. (Adv)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat