visitaaponce.com

Cegah Stunting, Dinsos P3APPKB Klaten Gelar Lomba Kreasi Gizi Program Isi Piringku

Cegah Stunting, Dinsos P3APPKB Klaten Gelar Lomba Kreasi Gizi Program Isi Piringku
Dinsos P3APPKB Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggelar lomba kreasi gizi program isi piringku sebagai upaya cegah stunting.(MI/Djoko)

GUNA mencegah stunting di Klaten, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggelar lomba kreasi gizi program isi piringku. 

"Gelar lomba kreasi gizi program isi piringku bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga penerima manfaat PKH. Selain itu, untuk menegakkan pencegahan stunting atau tengkes di Kabupaten Klaten," ujar Kepala Dinsos P3APPKB Kabupaten Klaten, Much Nasir di Grha Bung Karno, Selasa (14/11).

Lomba kreasi yang dihadiri Bupai Sri mulyani itu diikuti perwakilan penerima program keluarga harapan (PKH) dari 26 kecamatan. Peserta lomba diharuskan membuat menu satu piring dengan biaya maksimal Rp20 ribu yang memenuhi nilai gizi yang cukup dan seimbang. 

Baca juga: Sigi Bagikan 500 Telur Ayam kepada Anak yang Rentan Stunting

Bupati Sri Mulyani mengapresiasi kreasi dari para peserta lomba. Mereka dinilai mampu menyajikan menu makan yang enak dan bergizi. "Kegiatan lomba ini merupakan sebuah strategi untuk mencapai target kita menurunkan angka stunting yang saat ini di angka 14,6. Dengan kegiatan ini kita berharap angka stunting bisa turun di angka 11," kata Bupati Klaten.

Untuk itu, Sri Mulyani juga meminta hasil lomba kreasi gizi program isi piringku tingkat kabupaten ini dapat menjadi pedoman bagi keluarga di Kabupaten Klaten dalam menyajikan menu makan yang sehat dan bergizi seimbang.

Baca juga: 20 Desa Raih Penghargaan Bebas Stunting Nasional 2023

"Sebarkan menu bergizi cukup dan seimbang yang disajikan para peserta kepada kelompok ibu-ibu di desa, sehingga informasi ini tersebar luas hingga RT dan RW. Semoga langkah kecil ini membawa nilai positif," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat