visitaaponce.com

Grup MIND ID Kembali Datangkan 10 Ekor Rusa Sambar untuk Dukung Konservasi

Grup MIND ID Kembali Datangkan 10 Ekor Rusa Sambar untuk Dukung Konservasi
Rusa sambar biasanya hidup di hutan hujan tropis dan hutan pegunungan.(Ist)

BUMN Holding industri pertambangan MIND ID berkomitmen untuk melindungi keanekaragaman hayati dan kelestarian lingkungan, tertutama di kawasan operasional perusahaan.

Komitmen ini dibuktikan anggota MIND ID, PT Timah Tbk yang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian populasi rusa sambar di Pulau Belitung.

Sekertaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan anggota MIND ID menyadari satwa berperan penting untuk mendukung keberlangsungan ekosistem.

Baca juga: Mitigasi Konflik Harimau Sumatra, Empat Rusa Sambar Dilepasliarkan

“MIND ID berupaya memberikan perhatian serius terhadap satwa, dengan melestarikan satwa turut menjaga keseimbangan ekosistem” kata Heri Yusuf dalam keterangan pers, Sabtu (18/11).

Kali ini, Grup MIND ID kembali mendatangkan 10 ekor indukan rusa sambar ke penangkaran di Tambang Besar Batu Besi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, pada Sabtu (11/11/2023).

Kedatangan sepuluh indukan rusa sambar tersebut merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Timah Tbk di bidang konservasi alam.

Baca juga: Program Dekarbonisasi Mind Id Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Pada Maret 2022, PT Timah Tbk juga telah mendatangkan 14 ekor indukan rusa sambar ke penangkaran tersebut. Rusa Sambar (Rusa Unicolor) merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

Rusa sambar merupakan salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia. Rusa ini memiliki ciri khas yakni tubuhnya berukuran lebih besar dibandingkan rusa jenis lainnya.

Rusa Sambar Hidup di Hutan Hujan Tropis

Umumnya, warna bulu hewan ini adalah kecokelatan, namun ada juga yang berwarna abu-abu, cokelat dan merah. Rusa sambar biasanya hidup di hutan hujan tropis dan hutan pegunungan.

Baca juga: Bayi Gajah Sumatra Kembali Lahir di Taman Nasional Way Kambas

Kepala Resor Konservasi Eksitu Wilayah XVIII Belitung Junaidi mengatakan, peran PT Timah Tbk sangat luar biasa dalam membantu menjaga populasi rusa sambar di Belitung. Sebab, indukan rusa yang didatangkan pada Maret 2022 lalu dalam kondisi sehat dan berkembang biak dengan baik.

“Luar biasa peran PT Timah Tbk dalam menjaga dan mengembangbiakan hewan yang dilindungi itu yakni rusa sambar di penangkaran itu,” kata Junaidi.

Menurut Junaidi, selama dua tahun ini kondisi hewan tersebut dalam kondisi yang cukup baik di penangkaran. Pasalnya kondisi penangkaran yang dikelola PT Timah Tbk tersebut memang sesuai dengan habitat rusa sambar yang sebenarnya.

Penangkaran rusa sambar di Tambang Besar Batu Besi telah beroperasi sejak 2022. Penangkaran ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kehidupan rusa sambar, seperti kandang, kolam, dan sumber air.(S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat