visitaaponce.com

Akibat Banjir Rob, Warga Pantura Jateng Gunakan Perahu

Akibat Banjir Rob, Warga Pantura Jateng Gunakan Perahu
Ilustrasi. Banjir rob pada 2022 pernah menyulitkan warga Semarang, Jawa Tengah, sehingga mereka harus menggunakan perahu untuk beraktivitas.(ANTARA/AJI STYAWAN)

HUJAN dengan intensitas ringan hingga lebat diperkirakan akan mengguyur seluruh daerah di Jawa Tengah, selain ancaman bencana hidrometeorologi tinggi di beberapa daerah gelombang tinggi dan banjir pasang air laut (rob) juga berpotensi terjadi kawasan pesisir.

Pada Kamis (23/11), rob terpantau kembali merendam beberapa daerah di Pantura Jawa Tengah seperti Pekalongan, Semarang, Demak hingga ketinggian 0,2-1 meter. Warga mulai kembali alami kesulitan beraktivitas terutama di kawasan Sayung, Kabupaten Demak.

Warga Sayung, Sholichin, mengatakan sejak dini hari rob mulai meninggi hingga beberapa ruas jalan desa kembali terendam. Pada pagi warga yang hendak bekerja ataupun sekolah, terpaksa menggunakan perahu.

Hal serupa juga diungkapkan Nur Hasyim, warga Sayung lainnya. Sejak dini hari, banjir rob telah mulai masuk ke dalam rumah warga. Meski tidak terlalu tinggi, namun air yang masuk tetap membuat kesulitan beraktivitas. Dia harus membuat tanggul darurat di sekitar rumah dengan karung berisi pasir.

Baca juga:

Banjir Rob Kembali Rendam Daerah di Pantura Jawa Tengah

Korban Rob Demak Digelontor Bantuan Pembangunan Rumah Apung

Berdasarkan BMKG Tanjung Mas Semarang, tinggi gelombang laut di perairan utara Jawa Tengah diprediksi sekitar 0,2-2 meter. Sedangkan di perairan selatan Jawa Tengah mencapai 0,5-2,5 meter.

"Waspada pada warga beraktivitas di pesisir karena  ancaman gelombang tinggi dan rob terjadi di daerah Pantura," kata Koordinator Observasi BMKG Tanjung Mas Ganis.

Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Ahmad Yani Semarang Gempita Icky Dzikrillah mengatakan potensi hujan ringan hingga lebat terjadi hampir merata di seluruh daerah di Jawa Tengah pada petang-malam hari. Hujan ringan berperkirakan turun di Sukoharjo, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Brebes, Solo, Semarang, Pekalongan, dan Tegal.

Hujan ringan-sedang, lanjut Gempita, berpotensi terjadi di Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Purworejo, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Blora, Ungaran, Kendal, Batang, Kajen, Pemalang, Slawi, Salatiga, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa. Hujan sedang-lebat di Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Purwodadi, Temanggung dan Magelang.

"Angin dari arah barat laut-tenggara berkecepatan 03-30 kilometer per jam, suhu udara berkisar antara 27-34 derajat selsius dengan kelembapan udara 50-80 persen," ujar Gempita. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat