visitaaponce.com

Ratusan Pemuda Gereja Bala Keselamatan Ikuti Tomnas 2023

Ratusan Pemuda Gereja Bala Keselamatan Ikuti Tomnas 2023
Yusak Tampai, Komandan Teritorial Indonesia Gereja Bala Keselamatan, memukul gong tanda dibukanya Temu Orang Muda Nasional (Tomnas) 2023.(MI/YOSEPH PENCAWAN)

RATUSAN pemuda dari berbagai daerah di Tanah Air memenuhi aula Retreat Center GBKP di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, Sumatra Utara, Rabu (22/11). Malam itu mereka tampak penuh semangat mengikuti pembukaan Tomnas 2023.

"Gereja Bala Keselamatan kembali mengadakan Temu Orang Muda Nasional (Tomnas) 2023 dan kali ini Sumut menjadi tuan rumah," ungkap Yusak Tampai, Komandan Teritorial Indonesia Gereja Bala Keselamatan, seusai acara pembukaan.

Dia menjelaskan, kegiatan yang berlangsung pada 22-25 November 2023 itu diikuti setidaknya 500 orang pemuda yang berasal dari 19 provinsi. Selama ini, event lima tahunan tersebut digelar di daerah yang berbeda-beda, mulai dari Jawa hingga Sulawesi, dan kali ini diadakan di Sumut.

"Tujuannya adalah mengonsolidasikan orang-orang muda Gereja Bala Keselamatan supaya mereka bisa berperan lebih aktif lagi dan berdampak positif bagi masyarakat di mana mereka berada," jelasnya.

Yusak mengatakan, Tomnas 2023 mengambil tema Steppingstone Towards Golden Generation (Batu Loncatan Menuju Generasi Emas). Melalui tema ini, Tomnas 2023 memersiapkan generasi berikutnya menuju generasi emas yang sejalan dengan visi pemerintah yakni Indonesia Emas di tahun 2045.

Dalam Tomnas 2023 para peserta akan mengikuti berbagai seminar yang membicarakan tentang orang-orang muda. Mulai dari kepemimpinan milenial hingga tantangan-tantangan zaman yang dihadapi orang-orang muda.

Seperti salah satu tema yang akan disajikan dalam seminar, yakni mengenai kelompok masyarakat lesbian, gay, biseksual, transgender, queer, dan intersex (LGBTQI). Materi ini dihadirkan karena persoalan LGBTQI merupakan salah satu tantangan yang dihadapi generasi muda ke depan.

Baca juga:

Gereja Minta Normalisasi Harga Tiket Pesawat dan Evaluasi Kepemimpinan di Intan Jaya

Pesta Demokrasi di Tengah Bonus Demografi, Kesempatan Pemuda Jadi Aktor Utama

Dalam menyikapi Pemilu 2024, Yusak berharap generasi muda tidak bersikap pasif, tetapi berpartisipasi secara aktif. Terutama dalam menggunakan hak pilihnya.

Secara prinsip, setelah mengikuti Tomnas 2023 dan kembali ke daerah masing-masing, mereka diharapkan membawa gagasan baru atau terbarukan. Gagasan yang dapat mendukung gereja merangkul orang-orang muda serta memimpin mereka menghadapi tantangan ke depan.

Putra Imanta Karo Sekali, Ketua Panitia Tomnas Sumut 2023, didampingi Kabid Humas, Media dan data Bala Keselamatan, Yosua Kristofel Panjaitan, menambahkan pihaknya telah memersiapkan Tomnas 2023 sejak jauh hari.

"Kita sebagai anak muda semangatlah menyelenggarakan kegiatan ini, khususnya anak muda di Sumut. Kita juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan pimpinan di tempat ini untuk mengadakan Tomnas 2023," ujarnya.

Menurutnya, dalam kegiatan ini para peserta terdiri dari Peserta Temu yang merupakan badan pengurus, serta peserta biasa yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

Malam itu, pembukaan Tomnas 2023 diawali defile peserta dan dilanjutkan dengan kebaktian serta dimeriahkan hiburan tari-tarian dari delapan etnik. Di antaranya, Melayu, Nias, Sibolga, Dairi, Karo, Simalungun, Toba dan Jawa.

Adapun lelayanan Gereja Bala Keselamatan saat ini terdapat di 19 provinsi. Gereja ini memiliki 10 divisi dan 2 regional, mulai dari Sumut hingga Papua. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat