visitaaponce.com

BP Batam Melaju untuk Batam Kota Baru

BADAN Pengusahaan Batam (BP Batam) terus meningkatkan daya saing Batam sebagai daerah tujuan investasi yang maju dan sejahtera, melalui inovasi pengembangan dan pembangunan infrastruktur.

Infrastruktur yang memadai dan handal diyakini akan membawa dampak positif bagi kemajuan ekonomi wilayah Batam.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi, secara serius melakukan pengembangan infrastruktur Batam melalui pengembangan prasarana dan sarana kawasan, guna meningkatkan konektivitas darat, laut, udara untuk mendukung aktivitas industri dan pariwisata yang kompetitif.

Baca juga: Jamselinas ke-12 Batam Catat Rekor Peserta Mancanegara Terbanyak 

Infrastruktur mempunyai pengaruh multi effects, seperti membuka jalan bagi lahirnya investasi dan lapangan kerja, memungkinkan berbagai kegiatan ekonomi tumbuh, meningkatkan konektivitas dan mendukung produktivitas masyarakat dan industri.

Tak main-main, Sepanjang 2023, BP Batam berhasil melakukan inovasi dalam pengembangan sejumah infrastruktur vital untuk mendukung daya saing Batam, mulai dari Pelabuhan, Bandara Udara, Jalan dan Drainase, Penyediaan Air Baku dan Pariwisata.

Ekonomi Menguat 

Laju pertumbuhan ekonomi Batam meroket mencapai angka 6,84% pada tahun 2022. Data ini dilansir dari Badan Pusat Statistik Kota Batam yang melaporkan sejumlah indikator pertumbuhan ekonomi Batam, menunjukkan capaian menggembirakan.

Pertumbuhan ekonomi Kota Batam tahun 2022 meningkat sebesar 2,09% dibandingkan laju pertumbuhan ekonomi tahun 2021 yang berada pada angka 4,75%. 

Baca juga: Kepala BP Batam Dukung Penuh Pelaksanaan Jamselinas XII

Tercatat, dengan persentase ini, maka pertumbuhan Batam berada pada angka tertinggi sepanjang 5 tahun terakhir, dan lebih tinggi dibanding dengan angka pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau sekitar 3,15% dan nasional sebesar 5,31%.

Raihan Penting 2023

BP Batam Lanjutkan Pembangunan Jalan.
•     Jalan Yos Sudarso tahap 4 sepanjang 2,4 km (Ruas Underpass Pelita–Nagoya Gate)
•     Jalan Koridor Utama Pelabuhan–Bandara sepanjang 9 km (Ruas Simpang Laluan Madani –Simpang Bundaran Punggur) 
•     Jalan Koridor Utama Pela­buhan–Bandara sepanjang 2,6 km (Ruas Bundaran Punggur - Simpang Bandara)
•    Jalan Hang Jebat sepanjang 5,5 km (Simpang Batu Besar – Simpang Turi) 
•    Bundaran Bandara (Simpang Lampu Merah Bandara Hang Nadim) berdiameter 100 meter serta panjang jalan mencapai 800 meter.

Batam Dukung Ekspansi PT Austinn Engineering.

PT Austin Engineering Indonesia yang berada di Kawasan Industri Kabil, Kota Batam, kembali melakukan ekspansi dengan peningkatan investasi aset serta pembaharuan fasilitas dengan nilai mencapai 6 juta dolar Australia atau setara Rp63,3 miliar.

Peluncuran Program Rempang Eco City.

Program ini akan menjadikan Pulau Rempang sebagai The New Engine of Indonesian’s Economic Growth dengan konsep ‘Green and Sustainable City’. Investasi Rempang Eco-City pun ditaksir mencapai Rp381 triliun, serta diperkirakan akan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 306 ribu orang.

BP Batam Hadirkan STS Crane

BP Batam Datangkan STS Crane BP Batam mendatangkan satu unit ship to shore (STS) crane untuk mempercepat layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Batu Ampar.

Baca juga: Permasalahan Rempang Eco City akan Berakhir Baik

Indonesian Travel & Tourism Award (ITTA) Foundation mengapresiasi Muhammad Rudi atas kontribusi dan dukungannya terhadap kemajuan sektor pariwisata di Kota Batam.

Menko Airlangga Resmikan 6 Perusahaan di KIW.

Dalam kunjungannya ke Kota Batam, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto didampingi Kepala BP Batam Muhammad Rudi meresmikan 6 perusahaan di Kawasan Industri Wiraraja (KIW), Senin (5/6)

Kepala BP Batam Jadi Pemim­pin Terpopuler

Kepala BP Batam Muhammad Rudi dinobatkan sebagai salah satu Pemimpin Terpopuler di media digital kategori Kepala Lembaga dalam gelaran puncak The 1st Indonesia GPR Awards (IGA) 2023 di Makassar, Jumat, (16/6). Dalam gelaran itu juga, Humas BP Batam berhasil meraih penghargaan kategori Lembaga Humas Pemerintah Terbaik.

Baca juga: Proyek Strategis Nasional Rempang Eco-City, Menemui Babak Baru

KEK Batam Aero Technic Hingga Semester I/2023, KEK Batam Aero Technic (BAT) telah menyerap 1.636 tenaga kerja. 
Sejak ditetapkan pada Juni 2021, KEK BAT juga telah menyerap investasi Rp607,5 miliar.

KEK Nongsa Serap 2.618 Tenaga Kerja KEK Nongsa berhasil menyerap sebanyak 2.618 tenaga kerja sepanjang Januari–Juni 2023.

BP Batam Raih Merdeka Award 2023.

BP Batam kembali mendapatkan penghargaan bergengsi untuk kategori Program Penguatan Ekspor Daerah dalam ajang Merdeka Award 2023, Rabu (30/8).

Pengembangan Pulau Rempang Masuk Daftar Program Strategis Nasional.
Proyek pengembangan Rempang Eco-City masuk dalam daftar Program Strategis Nasional pada 2023 sebagaimana tertuang dalam Permenko Bidang Perekonomian RI No. 7/2023 yang telah disahkan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada 28 Agustus 2023.

STS Crane Pelabuhan Batu Ampar Mulai Beroperasi.

STS Crane telah resmi memberikan layanan bongkar muat di Pelabuhan Batu Ampar, Jumat (1/9). STS Crane milik BP Batam siap mendukung transformasi pelabuhan Batu Ampar sebagai terminal peti kemas yang modern dan bertaraf internasional.

Bundaran Bandara telah rampung dan dapat digunakan sepenuhnya oleh pengendara. Infrastruktur ini akan menjadi gerbang menuju Batam Kota Baru. Kedepan, BP Batam berencana membangun Bundaran tersebut dengan tema ‘Layar Terkembang’ sebagai simbol jati diri Batam.

Batam menjadi Kota Ter-asik sepanjang perjalanan Jambore sepeda Lipat Nasional XII Tahun 2023. Jalan mulus, lebar, dan sambutan Kepala BP batam yang hangat, membuatt event tahunan ini sukses digelar di Batam.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat