visitaaponce.com

Banjir Lumpur Melanda Kota Batam, Puluhan Rumah Terendam

Banjir Lumpur Melanda Kota Batam, Puluhan Rumah Terendam
Ilustrasi(Istimewa)

HUJAN deras yang mengguyur Kota Batam, Kepulauan Riau beberapa hari belakangan meninggalkan dampak serius di sejumlah wilayah, khususnya di lingkungan RT 05 RW 16, Kecamatan Batam Kota.

Puluhan rumah di Balai Kolam terendam banjir setelah lumpur dari tebing yang longsor akibat pelebaran jalan Yos Sudarso menimbun pemukiman warga.

Pantauan Media Indonesia, Rabu, (29/11) malam, terlihat air memasuki rumah warga dengan ketinggian mencapai satu meter. Banjir tersebut menyebabkan kerusakan pada perabotan dan barang elektronik di sejumlah rumah.

Baca juga : Banjir Jakarta masih Rendam 69 RT hingga Ketinggian 2,4 Meter

Setelah banjir mereda, warga terpaksa menghadapi masalah baru, yaitu lumpur yang menempel di lantai rumah. Nato, Ketua RT 05 RW 16, menyatakan bahwa sebelumnya pemukiman mereka tidak pernah mengalami banjir. 

Namun, sejak dimulainya proyek pelebaran jalan Yos Sudarso/Ruli Baloi Kolam, pemukiman tersebut menjadi rentan terkena banjir setiap kali hujan.

Baca juga : Bali akan Dilanda Hujan Intensitas Sedang-Lebat hingga 2 Desember 2023

"Kalau hujan sebentar langsung banjir. Debit air di parit ini meluap. Dan kalau hujan berhenti, banjirnya cepat surut. Tapi setelah banjir, lumpur yang lengket di lantai rumah," katanya.

Hingga saat ini, belum ada solusi yang diberikan oleh instansi terkait. Warga berharap pemerintah segera mengambil tindakan, seperti membangun batu miring di area longsor, untuk mencegah terjadinya longsor lagi dan menjaga keamanan warga serta pengendara yang melintas. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat