visitaaponce.com

Banjir di Sukolilo Pati Rusak Rumah Warga dan Putus Akses Jalan

Banjir di Sukolilo Pati Rusak Rumah Warga dan Putus Akses Jalan
Banjir melanda Sukolilo, Pati, Jawa Tengah(MI)

CUACA ekstrem terus berlanjut di puluhan daerah di Jawa Tengah. Yang terbaru, banjir bandang melanda Sukolilo, Kabupaten Pati, hingga menghancurkan sejumlah bangunan penduduk dan menutup jalan penghubung Purwodadi (Grobogan)-Pati.

Dari pantauan Media Indonesia, Rabu (6/12), ratusan warga Desa Sukolilo, bersama petugas gabungan TNI-Polri, BPBD Pati, DPU Pati dan relawan sejak pagi masih terus membersihkan lumpur dan tanah yang menimbun rumah, jalan desa dan jalan penghubung Purwodadi (Grobogan)-Pati.

Banjir bandang yang menerjang desa tersebut pada Selasa (5/12) petang sudah diprediksi sebelumnya. Meski tidak ada korban jiwa, warga tetap kalang kabut karena air datang dari sungai dan perbukitan dengan sangat deras.

Baca juga: 1-10 Desember, Waspada Intensitas Curah Hujan Tinggi

"Hingga tengah malam jalan penghubung Purwodadi-Pati tidak dapat dilintasi, karena tertutup lumpur dan banjir," kata Sulkan, salah seorang warga Sukolilo.

Warga lain Trimakno, mengatakan sebelum banjir menerjang, hujan deras mengguyur sekitar pukul 16.00-17.00 WIB.

"Warga sudah punya firasat hingga tidak keluar rumah dan setelah hujan itu banjir datang dari arah sungai. Sejumlah tembok bangunan ambrol dan air berserta lumpur masuk rumah," imbuhnya.

Baca juga: Drainase Terhambat, Jalan Protokol Tasikmalaya Dikepung Banjir

Camat Sukolilo, Adrik Sulaksana, mengungkapkan air juga merendam jalan penghubung Purwodadi-Pati sehingga tidak dapat dilintasi hingga kendaraan dari dua arah dialihkan ke jalur lain.

"Kita masih inventarisasi kerusakan akibat banjir bandang itu. Kami bersama tim gabungan hingga kini masih melakukan pembersihan lumpur yang menutup jalan dan masuk ke rumah warga," tutur Andrik.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan ancaman bencana hidrometeorologi di beberapa daerah rawan bencana. Beberapa daerah di Jawa Tengah yang masih berpotensi hujan deras adalah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Karanganyar, Grobogan, Blora, Temanggung, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes dan sekitarnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat