visitaaponce.com

3 Tahun Dukung Kinerja Pemerintah, FloDESA BerbagiPembelajaran dan Capaian

3 Tahun Dukung Kinerja Pemerintah, FloDESA Berbagi Pembelajaran dan Capaian
Yenni Suryani, Country Manager CRS Indonesia melakukan serah terima secara simbolis kepada Yoris selaku perwakilan BPBD Flores Timur,(MI/ Fransiskus Gerardus Molo )

SETELAH tiga tahun mendukung kerja pemerintah daerah mengurangi risiko bencana di Flores Timur, Catholic Relief Services (CRS) melalui Proyek FloDESA - Flores Disaster Risk Reduction Enhancement for Sustainable Livelihoods Project mengakhiri kerjanya di Flores Timur. Akhir program dilakukan dengan mengadakan pertemuan pembelajaran akhir FloDESA pada Rabu,( 6/12) di Aula Hotel  ASA, Larantuka. 

Pertemuan ini dimaksudkan untuk berbagi pembelajaran dan pencapaian yang dialami selama proyek berjalan kepada seluruh pemangku kepentingan. Hadir pada kegiatan tersebut Kementerian Sosial RI (secara virtual), pemerintah Kabupaten Flores Timur dan OPD terkait, LSM serta perwakilan masyarakat dari desa dampingan.

Sejak tahun 2021 Catholic Relief Services telah bekerja sama dengan Yayasan Pembangunan Sosial Ekonomi Larantuka (Yaspensel) dan Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Sosial (YPPS) melaksanakan Proyek FloDESA di 10 desa rawan bencana di Kabupaten Flores Timur. 

Baca juga: 19 Anggota DPRD Flores Timur Laporkan Dugaan Korupsi Pj Bupati Doris Rihi

Pelaksanaan proyek ini didukung oleh pemangku kepentingan di tingkat pemerintah  Kabupaten Flores Timur seperti Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Dinas Pertanian. 

Melalui proyek ini, CRS, YASPENSEL dan YPPS membantu Pemerintah Kabupaten Flores Timur meningkatkanketangguhan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana. Di tingkat desa/masyarakat, kegiatan proyek telah memperkuat kesiapsiagaan dan keberlanjutan mata pencaharian, seperti pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) sesuai Permensos No.128/2011, kajian risiko bencana, budidaya tanaman pekarangan, pembentukan kelompok simpan pinjam (SILC), demplot sorghum, serta irigasi tetes.

Baca juga: BPKP NTT Gandeng Pemda Flores Timur Gelar Workshop

Di tingkat kabupaten, proyek FloDESA telah melaksanakan berbagai kegiatan penguatan kapasitas pengurangan risiko bencana di antaranya menghidupkan kembali forum PRB tingkat kabupaten, pelatihan  standar minimum kemanusiaan SPHERE, sosialisasi penyadaran bencana, menyelenggarakan berbagai diskusi pengurangan risiko bencana, pembentukan sistem peringatan dini, membuat rekomendasi SPM sub-urusan bencana, pemutakhiran Kajian Risiko Bencana Kabupaten (KRB) dan Rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten (RPB), Rencana Kontijensi, serta pembuatan Rencana Kedaruratan Penanggualangan Bencana Daerah (RKPDB).

Proyek FloDESA ini didanai oleh Margareth A. Cargill Philanthropy (MACP). Dalam sambutan pembukaannya, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Flores Timur Abdur Razak Jakra, yang mewakili Penjabat Kabupaten Flores Timur, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh untuk Proyek FloDESA di Kabupaten Flores Timur.

"Seperti kita ketahui, Pemerintah Kabupaten Flores Timur dan Proyek FloDESA telah melakukan kerja sama sejak Januari 2021 untuk meningkatkan ketangguhan bencana di tingkat masyarakat dan kabupaten. Saya meyakini, telah banyak manfaat yang kita rasakan dari pelaksanaan proyek tesebut. Untuk itu, mari kita gunakan kesempatan ini untuk berdiskusi, merefleksikan semua pembelajaran dan capaian yang telah diraih selama proyek berjalan. Kami berharap, inisiatif baik seperti yang telah dilakukan CRS melalui Proyek 
FloDESA ini dapat direplikasi di desa-desa lain dan memberikan lebih banyak manfaat lagi  untuk masyarakat di Flores Timur”, ungkap Abdur Razak.

Kementerian Sosial RI dalam sambutannya yang disampaikan secara online oleh Hasatama Hikmah, Koordinator Kesiapsiagaan dan MitigasiPerlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) mengucapkan terima kasih kepada Proyek FloDESA yang telah berhasil memanfaatkan sumber daya lokal untuk membangun ketangguhan bencana di Kabupaten Flores Timur. 

Ia menambahkan bahwa Direktorat PKSBA sangat mendukung inisiatif ini dan menyatakan komitmen untuk memberikan bantuan berupa lumbung sosial bagi KSB yang belum memiliki lumbung sosial di desanya.

Sementara itu, Project Manager FloDESA Helmi Hamid menyampaikan, penghargaan dan terima kasih kepada para mitra dan pemerintah daerah Kabupaten Flores Timur yang telah  terlibat di dalam pelaksanaan proyek dengan komitmen yang tinggi,bersama-sama mendorongmeningkatkan ketangguhan bencana Flores Timur secara berkelanjutan.

Pada Pertemuan Pembelajaran tersebut, Proyek FloDESA menyampaikan pembelajaran yang didapat selama proyek melalui gelar wicara yang membahas tentang dampak proyek yang dirasakan oleh para pemangku kepentingan, perubahan apa yang telah terjadi di masyarakat dan harapan ke depannya. Selain itu, kegiatan juga membahas tentang keberlanjutan dan perkembangan program setelah proyek berakhir. 

Kegiatan ditutup dengan pemberian plakat kepada desa dampingan dan seremonial serah terima hasil proyek FloDESA dari Ibu Yenni Suryani selaku Country Manager CRS Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat