visitaaponce.com

BPKP NTT Gandeng Pemda Flores Timur Gelar Workshop

BPKP NTT Gandeng Pemda Flores Timur Gelar Workshop
Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Flores Timur.(MI/ Fransiskus Gerardus Molo.)

BADAN Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggandeng Pemerintah Kabupaten Flores Timur melaksanakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Flores Timur.

Workshop yang mengusung tema Meningkatkan Produktivitas Transformasi Ekonomi Desa Yang Berkelanjutan itu bertujuan mengetahui sejauh mana program penggunaan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa, baik yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi dalam sambutannya mengatakan segala upaya hari ini tentu menjadi bermanfaat bagi pembangunan daerah dan masyarakat Flores Timur. "Siklus pengelolaan keuangan desa meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. Namun demikian, sering ditemukan di masyarakat terjadi kasus-kasus yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa dilatarbelakangi oleh terbatasnya pengetahuan para aparat desa dalam melakukan pengelolaan keuangan desa," paparnya.

Pengelolaan keuangan dan pembangunan desa tentu bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. "Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 menjelaskan bahwa tujuan pembangunan desa ialah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan," bebernya.

Pentingnya pengelolaan keuangan desa yang sehat dan benar akan memengaruhi pembangunan di desa. Ia mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini yang memberikan edukasi dengan tepat dan benar kepada aparat pemerintahan desa dalam hal pengelolaan keuangan.

"Apresiasi yang sama juga saya sampaikan kepada para narasumber kegiatan yang telah bersedia berbagai pengetahuan dan wawasannya terkait persoalan ini," imbuhnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat