visitaaponce.com

Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023, Pemkab Klaten Luncurkan Aplikasi Aksidifa

Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023, Pemkab Klaten Luncurkan Aplikasi Aksidifa
Pemkab Klaten luncurkan Aksidifa, aplikasi berbasis website untuk penyediaan data dan informasi penyandang disabilitas.(MI/Djoko)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah meluncurkan Aksidifa, aplikasi berbasis website untuk penyediaan data dan informasi penyandang disabilitas.

Melalui aplikasi Aksidifa, kata Kadinsos P3AKB Much Nasir, membantu mengetahui potensi dan hambatan yang dihadapi penyandang disabilitas. Dengan aplikasi ini pemerintah dapat mengimplementasikan kebijakan terkait perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Peluncuran aplikasi itu dilakukan dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 di Pendapa Ageng Kabupaten, Rabu (6/12), yang dihadiri Bupati Sri Mulyani, Ketua DPRD, 
dan Sekretaris Daerah. Selain itu juga dilakukan pengukuhkan Komite Disabilitas Klaten 2023-2028.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Klaten Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Pedagang dan Perangkat Desa

Dengan pengukuhan Komite Disabilitas Kabupaten Klaten 2023-2028, diharapkan dapat menyuarakan dan menjamin pemenuhan hak disabilitas. Keberadaan komite ini juga diharapkan dapat mendukung Kabupaten Klaten menjadi kabupaten inklusif.

Bupati Sri Mulyani menjelaskan sejumlah kebijakan dan layanan yang diselenggarakan Pemkab Klaten bagi masyarakat telah mempertimbangkan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Hal ini bukti komitmen Pemkab Klaten dalam menjamin hak penyandang disabilitas.

Baca juga: Ganjar-Mahfud Janji Buat Kelompok Difabel Berdaya: No One Left Behind

Melalui peringatan HDI 2023, diharapkan tujuan pembangunan berkesinambungan mampu memperlihatkan keberpihakan kepada penyandang disabilitas. Tidak hanya menempatkan difabel sebagai obyek pembangunan, tapi sekaligus sebagai subyek/aktor pembangunan.

“Prinsipnya tidak ada satu orang pun tertinggal. Ini harus benar-benar diwujudkan dalam rangka mendukung SDGs (Sustainable Development Goals) yang inklusif," ujarnya.

Puncak peringatan HDI 2023 Kabupaten Klaten juga dimeriahkan seni pertunjukan yang dibawakan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Klaten. Selain itu, pameran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kelompok difabel. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat