visitaaponce.com

Merapi Muntahkan Guguran Awan Panas, Hujan Abu Melanda Desa Desa di Selo

Merapi Muntahkan Guguran Awan Panas, Hujan Abu Melanda Desa Desa di Selo
Dampak guguran awan panas Gunung Merapi(MI/Widjajadi)

DENTUMAN sangat keras dari puncak Merapi pada Jumat menjelang sore terdengar hingga desa desa di kawasan Selo dan menggetarkan hati para warganya.

"Ya dentuman itu keras sekali, terdengar sampai Jrakah. Tetapi masyarakat masih tenang dan terkendali. Beberapa saat hujan abu memang sampai desa desa di Selo, tapi kemudian larut diguyur hujan," kata Kades Jrakah, Tukar yang dikonfirmasi lewat telepon.

Ternyata bunyi dentuman dari arah puncak Merapi itu sebagai kegiatan vulkanik gunung api paling aktif yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogjakarta dan Jawa Tengah itu melonjak. Telah terjadi guguran awan panas.

Baca juga : Gunung Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas, Jarak Luncur Capai 1,2 Kilometer

Data dari BPPTKG Yogjakarta mencatat bahwa selama hampir satu jam, mulai pukul 14.49 hingga 15.48 telah terjadi guguran awan panas sebanyak 7 kali dalam durasi yang berbeda, dengan jarak luncur 3500 meter ke arah Kali Krasak.

Akibat guguran awan panas itu menyebabkan sejumlah daerah di sekitar gunung aktif yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengalami hujan abu. Di sejumlah desa di kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali hujan abu lumayan pekat, namun kemudian hilang diguyur hujan.

Sekretaris Desa Tlogolele, Neigen Achtah mengatakan guguran awan panas di puncak Gunung Merapi terjadi sekita pukul 14.49 WIB. Setelah terjadi guguran awan penas terlihat asap tebal di atas Dukuh Stabelan yang yang hanya berjarak sekitar 3 km dari puncak Merapi.
  
"Sekitar pukul 15.00 WIB, terlihat asap tebal di atas Dukuh Stabelan. Setelah itu pukul 15.12 WIB diberitahu masyarakat terjadi hujan abu yang bercampur dengan air jadi hujan lendut. Karena ketika sedang hujan abu di wilayah kami sedang turun hujan air," kata dia saat dihubungi, Jumat petang.
 
Dia katakan, hujan abu yang terjadi pada Jumat sore hampir merata di wilayah barat dan barat laut. Bahkan hujan abu juga merata di semua wilayah desanya yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Magelang itu.

Baca juga : Merapi Muntahkan Material Ratusan Kali, Awan Panas Meluncur Hingga 1,5 KM

"Hujan abu yang paling tebal terjadi di dua dusun di Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, yang letaknya dekat dengan puncak Merapi," tukas dia sekali lagi.

Ketebalan dan kepekatan itu terjadi di wilayah Stabelan dan Takeran memang paling pekat hujan air bersama hujan abunya. 

"Tapi kalau di wilayah saya sendiri di Jrakah yang berjarak lebih dari 7 km dari puncak, hujan abu tidak terlalu pekat," sergah Kades Jrakah, Tumar.

Hujan abu akibat guguran awan panas, bersamaan turunnya hujan air yang lumayan deras diharapkan tidak terlalu menimbulkan kerugian petani sayur dan hortikultura di wilayah kecamatan Selo. ( WJ )

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat