visitaaponce.com

Gunung Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas, Jarak Luncur Capai 1,2 Kilometer

Gunung Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas, Jarak Luncur Capai 1,2 Kilometer
Gunung Merapi mengeluarkan Asap Solfatara(Antara/Hendra Nurdiyansyah)

BALAI Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta dalam akun media sosial X menginformasikan telah terjadi Awanpanas Guguran (APG) di Gunung #Merapi pada Senin (4/12) 4 pukul 17.36 WIB dengan Amplitudo max 50 mm, durasi 123.96 detik, jarak luncur 1.200 meter.  

Awan panas mengarah hulu Kali Boyong. Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan. Status Gunung Merapi saat ini masih Siaga.

Dalam akun yang sama, pada waktu itu, di seputar pos pengamatan Babadan terjadi hujan abu tipis dan disertai hujan gerimis.

Baca juga : Awan Panas Guguran Gunung Merapi Meluncur hingga 1,5 Km

Sebelumnya, APG di Gunung Merapi sudah terjadi sekitar pukul 17.13 WIB. Sekitar pukul 17.31 WIB, BPPTKG juga menginformasikan, APG mengarah ke Sungai Boyong dengan tinggi kolom erupsi kurang lebih 500 meter di atas puncak, condong ke Barat Daya. Arah angin saat ini ke Utara. Masyarakat diimbau untuk mewaspadai gangguan akibat abu vulkanik.

Sebelumnya, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Agus Budi Santoso mengeluarkan tiga rekomendasi.

Pertama, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungal Boyong sejauh maksimal kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer. 

Baca juga : 7 Kecamatan di Boyolali Didera Hujan Abu Vulkanik dari Gunung Merapi

Pada sektor Tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif bisa menjangkau radius 3 km dari puncak.

Kedua, masyarakat agar tidak melakukan kegatan apapun di daerah potensi bahaya.

Ketiga, masyarakat diimbau agar mengantisipasi akibat abu vulkanik dati erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat