visitaaponce.com

2 Kecamatan di Magelang Hujan Abu Vulkanik dari Gunung Merapi

2 Kecamatan di Magelang Hujan Abu Vulkanik dari Gunung Merapi
Ilustrasi, warga Magelang beraktivitas di tengah guguran abu vulkanik gunung Merapi.(Dok. Antara)

DUA kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah diguyur hujan abu vulkanik hasil guguran awan panas Gunung Merapi pada Rabu, 3 April 2024. Dua kecamatan tersebut adalah Sawangan dan Dukun.

Di kecamatan Dukun, hujan abu antara lain melanda Desa Sewukan dan Krinjing. hujan abu juga mengguyur Desa Bawangan dan Tlatar di wilayah Kecamatan Sawangan.

Sebelumnya, pada Rabu (3/4) sekitar pukul 06.26 wib telah terjadi awan panas guguran Gunung Merapi dengan amplitudo maksimal 48 milimeter, dalam durasi 171.32 detik. Adapun estimasi jarak luncurnya maksimal 1.700 meter ke arah barat daya.

Baca juga : Empat Bulan Hiatus, Gunung Merapi Muntahkan Guguran Awan Panas

Gunung Merapi saat ini berada di level III (Siaga). Pada tingkatan aktivitas itu, gunung api tersebut memiliki potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas yang mungkin jatuh ke arah selatan dan barat daya. Antara lain ke arah Sungai Boyong , Sungai Bedog, Sungai Krasak, dan Sungai Bebeng. Kemudian ke arah tenggara, antara lain ke Sungai Woro dan Sungai Gendol. Jika terjadi letusan eksplosif, lontaran material vulkanik bisa mencapai kawasan puncak dengan radius 3 kilometer.

"Masyarakat kami himbau untuk menjauhi daerah bahaya yang telah direkomendasikan," kata pengamat Gunung Merapi dari Pos Babadan Yulianto.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat