visitaaponce.com

Pemprov Kalsel Bagikan 18 Perahu untuk Atasi Sampah di Sungai Martapura

Pemprov Kalsel Bagikan 18 Perahu untuk Atasi Sampah di Sungai Martapura
Sungai Martapura, Kalimantan Selatan.(MI/DENNY SUSANTO)

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membagikan sebanyak 18 perahu pengangkut sampah kepada masyarakat di sepanjang DAS Martapura. Gulma dan sampah sungai menjadi masalah utama dihadapi dalam pengelolaan sungai di Kalsel.

Pembagian 18 perahu pengangkut sampah ini merupakan bagian dari program pengelolaan dan penataan sungai martapura yang disebut Program Sungai Martapura Asri. Pembagian 18 perahu sampah ini dilaksanakan pekan lalu yang dipusatkan di Desa Sungai Rangas, salah satu desa di tepi Sungai Martapura.

"Sampah di sungai termasuk gulma tanaman enceng gondok menjadi tantangan dalam upaya pengelolaan sungai. Perahu yang dibagikan ini kita harapkan dapat membantu mengurangi timbunan sampah di sepanjang Sungai Martapura," tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Minggu (17/12).

Baca juga: Atasi Persoalan Sampah di Bandung Raya, Pemprov Jawa Barat Bentuk Satgas

Dikatakan Hanifah, sampah berupa gulma tanaman enceng gondok nantinya akan dijadikan pupuk organik yang akan diaplikasikan dalam kegiatan reklamasi. Selain pembagian perahu, DLH Kalsel juga melakukan penanaman sebanyak 2.000 pohon-pohon produktif di 20 lokasi proritas di sepanjang DAS Martapura.

Pada bagian lain sebanyak 171 desa di Provinsi Kalsel berhasil meraih penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). "Pada 2023 ini secara keseluruhan ada 171 desa atau lokasi yang berhasil meraih penghargaan ProKlim dari Kementerian LHK," ungkap Hanifah.

Baca juga: Kalsel Perkuat Mitigasi Bencana Jelang Akhir Tahun

ProKlim merupakan program penghargaan KLHK terkait partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat