visitaaponce.com

Dinkes Batam Konfirmasi 9 Kasus Baru Covid-19, Stok Vaksin Terbatas

Dinkes Batam Konfirmasi 9 Kasus Baru Covid-19, Stok Vaksin Terbatas
Ilustrasi(AFP)

DINAS Kesehatan (Dinkes) Batam mengonfirmasi bahwa telah terdapat 9 kasus baru terpapar Covid-19 di kota tersebut, meningkat dalam beberapa hari terakhir. Sementara itu, pihak berwenang terus mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran virus.

Di Batam, ketersediaan vaksin terbilang minim dengan hanya 1.500 dosis yang tersedia. Hal ini menyebabkan sisanya harus menunggu pihak provinsi untuk mendapatkan vaksin. Akibatnya, program vaksinasi di Batam belum dilaksanakan secara optimal karena keterbatasan stok vaksin.

"Kami sudah berkali-kali mengajukan tambahan vaksin namun hingga sejauh ini belum ada reaksinya, padahal ini masyarakat Batam sangat memerlukannya," kata Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi kepada Media Indonesia, Selasa (19/12).

Baca juga : Kasus Covid-19 Naik, Kemenkes: Masih Level Aman

Selanjutnya,kata dia,  pihak terkait menyatakan rencana untuk  melaksanakan vaksinasi mandiri berbayar pada 2024. Hal ini merupakan langkah untuk memungkinkan individu yang memiliki akses dan kemampuan finansial untuk mendapatkan vaksin secara mandiri.

Namun, hal ini memunculkan pertanyaan terkait aksesibilitas vaksin bagi masyarakat yang mungkin tidak mampu secara finansial. Bagi warga yang kurang mampu secara finansial, aksesibilitas terhadap vaksin menjadi perhatian utama.

Di tempat terpisah, Anggota DPRD Kepri Ruslan Kasbulatov mengataka dalam hal ini pemerintah, bersama dengan pihak terkait, seharusnya mempertimbangkan langkah-langkah untuk memastikan bahwa vaksin dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, termasuk yang kurang mampu.

"Ini bisa dilakukan dengan memberikan vaksin secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau, serta mengatur sistem subsidi atau bantuan untuk memastikan bahwa semua warga masyarakat dapat terlindungi dari penyakit yang disebabkan oleh virus," ujarnya.

Dia menambahkan hal ini akan menjadi kunci untuk menjaga kesehatan masyarakat secara keseluruhan dan mengurangi penyebaran penyakit. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat