visitaaponce.com

Kasus Covid-19 Naik, Kemenkes Masih Level Aman

Kasus Covid-19 Naik, Kemenkes: Masih Level Aman
Virus korona penyebab covid-19(CDC)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mencatatkan jumlah kasus covid-19 secara global mengalami peningkatan 52% dari periode 20 November hingga 17 Desember 2023.

Selain itu, berdasarkan laporan terbaru WHO COVID-19 Epidemiological Update, Indonesia mencatatkan kenaikan 255% perawatan covid-19 di rumah sakit.

Kenaikan itu dari 41 kasus menjadi 149 kasus, pada periode 20 November sampai 17 Desember 2023, dibandingkan dengan 28 hari sebelumnya.

Baca juga : Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menurun

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa kondisi di Indonesia sejauh ini masih aman dan terkendali. Meskipun sempat meningkat, namun penularan covid-19 saat ini dikatakan mulai menurun.

“Ada kenaikan tapi masih level aman. Sempat menyentuh angka 358 kasus tapi sudah mulai turun ke 190 kasus. Mungkin ada kenaikkan lagi setelah tahun baru,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Rabu (27/12).

Lebih lanjut, menurut Siti Nadia saat ini pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari penularan.

Baca juga : Kemenkes Sebut Tidak Ada Potensi Mutasi Covid-19 di Libur Nataru 2024

Bagi yang sakit, diimbau untuk melakukan isolasi mandiri dan paling penying untuk melengkapi vaksinasi covid-19.

“Imbauan (pemerintah) pakai masker bagi yang sehat maupun rentan kesadaran untuk menjaga kesehatannyaa supaya tidak tertular. Tapi kalau yang sakit batuk pilek dan flu bukan covid-19, diimbau untuk pakai masker dan yang covid-19 positif harus isolasi dan memakai masker walau di rumah serta lengkapi vaksinasi,” pungkas Siti Nadia. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat