visitaaponce.com

Hadi Sebut Tata Ruang IKN Dukung Konsep Smart and Forest City

Hadi Sebut Tata Ruang IKN Dukung Konsep Smart and Forest City
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau IKN(MI/HO)

MENTERI Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, pada Rabu (20/12) untuk meninjau sedikitnya tiga lokasi pengembangan kawasan dan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga:Investor Pembangunan Perumahan ASN dengan Skema KPBU masih Berlanjut

Dua lokasi peninjauan ini sekaligus masuk ke dalam fasilitas umum yang diresmikan Presiden pada Groundbreaking Tahap III. Fasilitas yang dimaksud adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) IKN dan Nusantara Superblock. Dalam sambutannya, Presiden menekankan agar pembangunan gedung harus berkonsep green building.

“Jadi konsep Nusantara ini kan forest city. Artinya kawasan ini harus hijau, lingkungan di sini juga harus hijau, dan gedung-gedungnya juga harus gedung hijau (green building),” ujar Jokowi.

Baca juga: Butuh Investasi, Jokowi akan Dahulukan Investor Dalam Negeri untuk Masuk ke IKN

Mengakhiri agenda hari pertama kunjungan kerjanya di Kalimantan Timur, presiden beserta rombongan melakukan peninjauan rumah kaca yang dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon di Miniatur Reforestasi Hutan Hujan Tropis.

 Penanaman pohon bersama ini juga dilakukan di lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), IKN.

Melihat perkembangan pembangunan IKN, Hadi mengungkapkan bahwa pembangunan sudah menggunakan prinsip yang selaras dengan lingkungan atau alam. Ruang hijau di IKN direncanakan untuk lebih dari 75%, di mana tertuang dalam Rencana Tata Ruang yang telah ditetapkan.

"Jadi konsep forest city dan smart city yang dicanangkan dapat direalisasikan sesuai dengan Rencana Tata Ruang," cetus mantan Panglima TNI itu. (Ant/P-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat