visitaaponce.com

Iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Kapolda Papua Ikut Diserang

Iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Kapolda Papua Ikut Diserang
Iringan jenazah Lukas Enembe ricuh, Kapolda Papua ikut jadi sasaran(MI/Adam Dwi)

KAPOLDA Papua Irjen Mathius D. Fakhiri ikut menjadi sasaran penyerangan massa dalam kericuhan arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe di Papua. Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyebut saat itu Kapolda berada di lokasi untuk memantau pengamanan.

"Iya, kebetulan posisi beliaunya di dekat situ, gitu," kata Benny saat dikonfirmasi, Kamis (28/12).

Namun, Benny memastikan Kapolda Papua dalam kondisi baik-baik saja. Karena langsung diamankan ke pos polisi Sentani, Papua. Benny belum mengetahui pasti apakah Kapolda Papua mendapatkan luka akibat penyerangan tersebut.

Baca juga: Pj Gubernur Papua Terluka saat Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe Ricuh

"Pak Kapolda baik-baik saja, diamankan oleh walpri (Pengawal Pribadi). Diamankan ke Pos, pos polisi terdekat. Saya belum dapat updatenya, tapi kemungkinan beliau aman, gitu," ujar Benny.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun terkena lemparan batu saat arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Papua. Ridwan mengalami pendarahan di Kepala. Saat ini dia tengah menjalani perawatan.

Baca juga: Jenazah Lukas Enembe Dimakamkan Hari Ini

Kericuhan itu terjadi karena massa terprovokasi. Namun, belum disebutkan jelas penyebab masyarakat Papua terpancing emosi. 

"Massa terprovokasi, sehingga melakukan aksi kericuhan dengan melakukan pelemparan batu ke arah bangunan fasilitas umum dan menyasar aparat keamanan," ucap Benny

Insiden ini diketahui dari video yang beredar. Dalam video tersebut, sejumlah orang terlihat berlarian dan berteriak di jalan raya.

Dari video yang lain, terlihat pula sebuah mobil yang hangus terbakar saat kericuhan itu terjadi. Kemudian, ada pula video yang mendengarkan suara laki-laki menyebut "Bapak Rumasukun pecah kepala".

Di samping itu, terdapat pula foto yang beredar memperlihatkan Ridwan menggunakan kemeja berwarna putih terlihat banyak darah di sekitar wajahnya. Foto itu diambil saat Ridwan sedang berada di dalam mobil.

Untuk diketahui, Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat pukul 11.00 WIB, Selasa, 26 Desember 2023. Terpidana kasus suap dan gratifikasi dalam pengadaan proyek di Papua itu mengembuskan napas terakhir dalam usia 56 tahun. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat