visitaaponce.com

Peduli Stunting di Flotim, Bank NTT Sumbang Rp50 Juta

Peduli Stunting di Flotim, Bank NTT Sumbang Rp50 Juta
Bank NTT Cabang Larantuka Menyerahkan bantuan dana Stunting Kepada Pemda Flotim.(MI/ Fransiskus Gerardus Molo )

PERSOALAN stunting secara nasional telah ditetapkan sebagai salah satu prioritas, termasuk bagi Bank NTT. Hal itu karena stunting berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa. 

Stunting, dalam jangka panjang akan berdampak buruk tidak hanya terhadap tumbuh kembang anak tetapi juga terhadap perkembangan emosi yang berakibat pada kerugian ekonomi. 

Pemerintah pusat bahkan menargetkan tahun 2024 mendatang, angka stunting harus turun hingga 14%, dan target pemerintah provinsi NTT pada angka 10 %. Saat ini, angka stunting di Flores Timur –sesuai data dari Dinas P2KBP3A pada bulan timbang Agustus 2023, masih berada pada 18,1 %. 

Baca juga : NTT Diguyur Hujan Ringan, Suhu Masih 35-37 Derajat Celcius

Melihat persoalan ini, Bank NTT Cabang Larantuka pun memberikan perhatian yang besar bagi percepatan penurunan angka stunting. 

Hal ini terwujud dalam pemberian Sumbangan Peduli Sunting senilai Rp50 juta dari Bank NTT kepada Pemerintah Daerah Kabupaten  Flores Timur.

Sumbangan stunting itu diserahkan oleh Pimpinan Cabang Bank NTT Larantuka, Mikael Johanis Ndolu kepada Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si (Kamis, 21/12/2023) di desa Lewohedo, Solor Timur. 

Baca juga : Sambut HUT ke-61, Bank NTT Cabang Larantuka Beri Bantuan Bagi 61 Balita Stunting

Penyerahan sumbangan ini dilaksanakan sebagai bagian dari acara Relokasi Kantor Fungsional Bank NTT dari desa Pamakayo, Solor Barat ke Desa Lewohedo di Kecamatan Solor Timur. 

Di samping memberikan Sumbangan Peduli Stunting, Bank NTT Cabang  Larantuka juga memberikan dukungan terhadap usaha penyelamatan dan penangkaran penyu berupa Sumbangan Bantuan Upaya Penyelamatan dan Penangkaran Penyu kepada Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Desa Sulawaseng Kecamatan Solor Selatan senilai 15 juta rupiah. 

Penjabat Bupati dalam sambutannya mengapresasi sumbangan ini sebagai bagian dari kepedulian bersama mengatasi persoalan stunting di Flores Timur. 

Baca juga : NTT Targetkan Stunting Turun hingga 10% pada 2023

“Stunting ini adalah persoalan kita bersama, bahkan jadi prioritas nasional sehingga harus melibatkan banyak pihak untuk mengatasinya. Ini adalah kepedulian nyata yang harus diapresiasi sebagai kepedulian Bank NTT,” sebutnya.

 Doris lebih lanjut menegaskan bahwa upaya penanganan stunting tidak dapat diselesaikan oleh Pemda melalui instansi terkait semata karena keterbatasan anggaran dan sumber daya yang ada. Oleh karena itu, sumbangan ini menjadi motivasi tersendiri bagi upaya bersama dalam percepatan penurunan stunting. 

“Saya tegaskan agar sumbangan ini harus dimanfaatkan dan diawasi secara baik sehingga pemanfaaannya menjadi efektif dan efisien. Terima kasih Bank NTT yang sudah mewujudkan kepeduliannya bagi anak-anak di Flores Timur,” ungkapnya. 

Baca juga : FKUI Gelar Pelatihan Pencegahan Stunting untuk Dokter di NTT

Pimpinan Bank NTT Cabang Larantuka, Mikael Johanis Ndolu pun mengungkapkan bahwa sumbangan ini adalah bentuk kepedulian Bank NTT terhadap generasi masa depan bangsa. 

“Bank NTT melihat bahwa masa depan bangsa ini ada di tangan generasi selanjutnya, yakni anak-anak, sehingga anak-anak harus betul-betul diperhatikan sejak saat ini sehingga mereka mampu tumbuh secara normal dan memberikan andil yang positif terhadap pembangunan bangsa,” sebutnya. 

Selain sumbangan bagi penurunan stunting, Bank NTT selama ini juga telah mendukung pembangunan di Flores Timur berupa dua mobil dump truk pengangkut sampah serta pengelolaan taman Herman Fernandez di Larantuka.

Setelah meresmikan kantor, Penjabat Bupati kemudian menyempatkan diri untuk meninjau ke dalam ruangan kantor. Hadir pula dalam acara ini, Kepala Desa Lewohedo, Andreas Peni Ama Koten, Camat Solor Timur, Abdul Wahid Bapa Ana, SE, M.Si, Plt. Camat Solor Selatan, Benediktus Masi Jawan, Pastor Paroki Kunjungan Santa Perawan Maria Pamakayo, RD. Robertus Lagamanu, sejumlah Pimpinan OPD dan Kabag Setda Flores Timur. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat