visitaaponce.com

Tanggul Irigasi Jebol, Ratusan Hektare Sawah Warga Gagal Tanam

Tanggul Irigasi Jebol, Ratusan Hektare Sawah Warga Gagal Tanam
Ratusan hektare sawah di Desa Bakungtemanggungan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo gagal tanam akibat tanggul irigasi jebol. (MI/Heri)

RATUSAN hektare sawah di Desa Bakungtemanggungan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo gagal tanam akibat tanggul irigasi jebol. 

Jebolnya tanggul irigasi mengakibatkan air mengalir deras ke persawahan warga di wilayah Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Derasnya air mengalir ke sawah warga di Kecamatan Tarik, mengakibatkan sawah warga di Desa Bakungtemanggungan tidak kebagian air dan gagal tanam. 

Tanggul irigasi jebol tersebut terjadi di sejumlah titik di Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Seperti di Dusun Kanigoro, Desa Kramat Temenggung, serta di Desa Mlirip Rowo. 

Baca juga: Grup Mind ID Bantu Tingkatkan Panen Petani dengan Membangun PLTS

Petani di Desa Bakungtemenggungan mengaku, pasokan air untuk tanam sawah mengandalkan air irigasi. Meskipun wilayah Sidoarjo saat ini sudah memasuki musim hujan,  intensitasnya belum terlalu tinggi.

Ketua kelompok tani Desa Bakungtemenggungan, Nasukan mengatakan sekitar 150 hektare sawah petani di Desa Bakungtemenggungan, hanya separuh yang bisa dikelola. Sisanya tidak bisa dilakukan cocok tanam, lantaran tidak mendapatkan pasokan air sama sekali.

Baca juga: Kalimantan Selatan Rawan Bencana Hidrometeorologi

"Jadi bukan hanya kekurangan air, melainkan tidak mendapatkan air sama sekali," kata Nasukan, Rabu (3/1).

Menurut Nasukan, setiap kali dilakukan perbaikan tanggul secara swadaya, tanggul mengalami jebol lagi. Petani berharap pihak terkait segera memperbaiki tanggul penahan saluran irigasi, agar mereka bisa melakukan cocok tanam. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat