visitaaponce.com

Mentan Ancam Cabut Izin Distributor Pupuk Nakal

Mentan Ancam Cabut Izin Distributor Pupuk Nakal
Dialog antara Mentan Andi Arman Sulaiman dengan petani bawang merah di Desa Sisalam, Kecamatan Wanasari, Kabupate Brebes, Jateng.(MI/Supardji Rasban)

MENTERI Pertanian Andi Amran Sulaiman berjanji akan mencabut izin distributor pupuk yang nakal. Amran meminta polisi mengusut pihak yang menjual pupuk subsidi di atas patokan harga pemerintah.

Hal itu disampaikan Amran saat melakukan kunjungan kerja ke Brebes, Jawa Tengah dan bertemu dengan para petani bawang merah di tengah persawahan, di Desa Sisalam, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Rabu (3/1) petang.

"Penyalahgunaan pupuk subsidi ada di sektor pengecer. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ada distributor yang nakal," ujar Amran.

Baca juga: Jokowi Tambah Anggaran Pupuk Subsidi Rp14 triliun

Amran meminta Polres Brebes mengusut adanya dugaan permainan pupuk subsidi di sektor pengecer tersebut. 

"Kalau memang terbukti, dijamin izinnya akan dicabut, termasuk terhadap distributor yang nakal," tegas Amran.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), Dian Alex Chandra, yang turut mendampingi petani juga curhat. Para petani mengeluhkan soal pupuk subsidi sampai penyerapan hasil panen saat harga murah.

Baca juga: Pemerintah Bakal Gelontorkan Subsidi Pupuk Rp14 Triliun

"Para petani bawang, saat ini, kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Kemudian beberapa kasus yang dialami petani, yakni adanya pengecer pupuk yang menjual pupuk subsidi di atas harga patokan pemerintah," ungkap Alex.

Selain pupuk, Alex juga meminta agar pemerintah menyerap hasil panen saat harga murah. 

"Tujuannya, agar harga pasaran tetap stabil," jelas Alex.

Soal penyerapan hasil panen, Mentan memberi solusi untuk membangun gudang penyimpanan baru. Tujuannya agar bisa dijadikan sarana menyimpan bawang panen saat harga anjlok. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat