visitaaponce.com

Banjir Riau Mulai Surut, 1.622 KK Masih Mengungsi

Banjir Riau Mulai Surut, 1.622 KK Masih Mengungsi
Kondisi terkini banjir di Provindi Riau, Rabu, 17 Januari 2024.(Dok. Polres Pelalawan)

KONDISI banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Riau mulai surut. Namun belum signifikan. Pasalnya, curah hujan masih mengguyur sejumlah wilayah di Riau dari intensitas sedang hingga lebat.

"Tinggal di jalur hilir sungai saja yang masih tinggi, untuk di hulu sudah mulai turun," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Jim Ghofur, Rabu (17/1).

Ia menjelaskan untuk jalur Sungai Rokan, saat ini yang masih terdampak di wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Persisnya di wilayah Rantau Kopar dan Talang Putih.

Baca juga: 118 Warga Mengungsi Karena Banjir, Makassar Siaga Bencana

Sedangkan untuk jalur Sungai Kampar, wilayah yang masih berdampak banjir di Kabupaten Pelalawan. Adapun untuk jalur Sungai Indragiri yang masih terdampak ada di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu.

"Untuk daerah yang berada di hulu sungai itu sudah mulai surut, misalnya jalur Sungai Rokan itu di wilayah Rokan Hulu mulai turun airnya. Kemudian di jalur Sungai Kampar itu di Kampar mulai surut dan di jalur Sungai Indragiri itu di wilayah Kuansing (Kuantan Singingi) yang sudah mulai surut," jelasnya.

Baca juga: BNPB: 2024 Baru 16 Hari, Indonesia sudah Dilanda 94 Bencana

Dengan kondisi sejumlah wilayah yang sudah mulai surut, warga yang semula mengungsi berangsur-angsur mulai kembali ke rumahnya.

Berdasarkan data BPBD Riau, hingga saat ini terdapat 1.622 Kepala Keluarga (KK) yang masih mengungsi. Jumlah terbanyak ditemukan di Rohil dengan jumlah pengungsi sebanyak 998 KK. Disusul Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 560 KK.

"Kemudian di Bengkalis ada 57 KK dan di Dumai ada 7 KK," ujarnya.

Sementara untuk jumlah jiwa yang mengungsi hingga saat ini masih sebanyak 2.066 jiwa dari total warga Riau yang terdampak banjir sebanyak 131.834 jiwa.

Warga Riau yang masih mengungsi akibat banjir tersebut tersebar di 6 kabupaten/kota di Riau. Di mana yang terbanyak masih ada di Kabupaten Pelalawan sebanyak 870 jiwa.

Kemudian Rohil 572 jiwa, Indragiri Hulu 424 jiwa, Kota Dumai sebanyak 88 jiwa, Bengkalis 72 jiwa, dan di Kabupaten Siak sebanyak 40 jiwa.

Adapun untuk rumah yang terdampak banjir sebanyak 32.303 unit. Fasilitas kesehatan enam unit, fasilitas pendidikan 49 unit, serta fasilitas umum 79 unit.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat