visitaaponce.com

Survei Warga Pacitan Puas dengan Kinerja Bupati

Survei: Warga Pacitan Puas dengan Kinerja Bupati
Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji (tengah)(HO)

KINERJA Bupati Pacitan, Jawa Timur Indrata Nur Bayuaji mendapat apresiasi warga. Hal itu terekam dalam survei yang dilakukan Pusat Studi Kebijakan Publik dan Politik (Pusdikppol) periode 1-7 Januari 2024. Survei menggunakan metode multiple random sampling dengan margin of error 4,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

"Kami menemukan mayoritas masyarakat Pacitan merasa puas dengan kinerja Bupati. 83,8% warga Pacitan puas dengan kinerja Bupati Indrata Nur Bayuaji," jelas Manager Riset Pusdikppol, Junaidi Doni Luli dalam keterangan yang diterima Kamis (18/1).

Dikatakan, survei yang melibatkan 500 responden ini mengungkap bahwa kebijakan dan program yang dijalankan oleh Bupati telah berhasil memenuhi harapan masyarakat. "Ini mencerminkan tingkat kepercayaan publik yang tinggi terhadap kepemimpinan Bupati," tambah Dony.

Kepuasan kinerja itu meliputi kepuasan terkait infrastruktur sebanyak 71% (sangat puas 3,4% dan 67,6% puas), lalu kinerja penanganan banjir 71,2%, kepuasan terhadap ekonomi 69,6%. Kemudian kinerja ketenagakerjaan 63%, perdagangan 80,2%. Kinerja pemerintahan di bidang pariwisata mencapai angka fantastis, 92%.

"Untuk kinerja di bidang layanan administrasi publik mencapai angka rata-rata 92%. Seperti pelayanan KTP, KK, Akta dan lainnya," ungkap Doni.

Hasil surveri juga menunjukkan Indrata memimpin dalam kategori Top of Mind Calon Bupati dengan popularitas sebesar 44,8%. "Angka ini signifikan dan menunjukkan betapa masyarakat mengapresiasi upaya dan kontribusi beliau," jelas Doni.

Elektabilitas ini menunjukkan Indrata memiliki peluang besar memenangkan pilkada November nanti. "Publik beralasan tetap memilih Indrata karena ia dinilai perhatian pada rakyat dan problem solver yang baik. Tak heran jika tingkat kesukaan pada Indrata Nur Bayuaji sangat tinggi, mencapai 92,4%," ungkap Doni.

Hasils survei juga menunjukkan Partai Demokrat masih menjadi yang terpopuler dengan dengan angfka 58%, disusul Gerindra 6,6%, Golkar 6,2%, PKB 5,4%, PDI-P 2,6%, NasDem 1,6%, dan partai lainnya di bawah 1%. "Ini menunjukkan dinamika politik lokal yang unik, di mana afiliasi partai memiliki pengaruh besar terhadap pilihan politik masyarakat," kata Doni.

Di sisi lain, tambah Doni, sosok kepemimpinan Indrata yang merupakan Kketua DPC Demokrat Pacitan sangat memengaruhi tingginya elektabilitas partai. Apalagi didukung oleh sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),  yang masih menjadi penarik dan dicintai publik Pacitan. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat