visitaaponce.com

Polda Lampung Tangkap Dua Pelaku Ganjal Mesin ATM

Polda Lampung Tangkap Dua Pelaku Ganjal Mesin ATM
Polda Lampung menunjukkan barang bukti dari penagkapan pencurian bermodus ganjal mesin ATM(MI/Cri Qanun Ria Dewi)

DITRESKRIMUM Polda Lampung melalui Subdit III Jatanras bekerja sama dengan Satrekrim Polres Cilegon Banten berhasil menangkap dua pelaku pencurian uang melalui ATM.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi menjelaskan, Polda Lampung berhasil mengamankan dua tersangka pencurian berpura-pura membantu korban yang gagal menarik uang di mesin ATM karena kartu terganjal.

"Pelaku menggunakan modus ganjal ATM menggunakan alat tusuk gigi, bahwa para pelaku menawarkan membantu transaksi korban lalu pelaku menukar kartu ATM milik korban tanpa disadari dengan kartu lainnya" Ucap Umi, pada Jumat (19/1).

Baca juga : Kaesang Temui Gubernur Lampung Bahas Kondisi Infrastruktur

Mereka diamankan di Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Banten. Pelaku saat itu sedang melakukan aksi serupa di daerah tersebut.

Para pelaku mengaku sudah melaksanakan aksinya di tujuh lokasi di Bandarlampung, di antaranya ATM RS Urip Sumoharjo, ATM RS Imanuel, ATM SPBU Nunyai Rajabasa, ATM SPBU Diponegoro, ATM SPBU Taman Siswa TBU, ATM Radar Lampung dan ATM SPBU Sultan Agung.

Baca juga : Brigjen Ahmad Ramadhan Menjadi Wakapolda Lampung

"Atas kejadian tersebut Kerugian yang dialami korban sebesar Rp122.555.000," jelasnya.

Sepanjang 2023, pengakuan para pelaku telah mengumpulkan sekitar Rp170 juta dari hasil kejahatan ganjal ATM.

Dari hasil penangkapan tersebut barang bukti yang berhasil diamankan yakni 2 unit ponsel, 11 buah kartu ATM, 2 buah dompet warna hitam dan coklat dan 1 unit sepeda listrik.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat dengan pasal tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana maksimal lima tahun penjara. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat