visitaaponce.com

BI Tegal Terus Kembangkan Produksi Bawang Putih Lokal

BI Tegal Terus Kembangkan Produksi Bawang Putih Lokal
Panen bawang putih di Tegal(MI/Supardji Rasban)

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal, Jawa Tengah, terus kembangkan produksi bawang putih lokal. Langkah itu ditandai dengan melakukan panen bawang putih di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jumst (19/1).

Panen bawang tersebut dilakukan di lahan demplot seluas 1.500 meter persegi, seleksi varietas yang dikembangkan Kelompok Tani Berkah Tani bersama Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Kepala KPw BI Tegal, Marwadi, mengatakan demonstrasi plot (Demplot) bertujuan untuk menguji varietas yang paling adaptif di kawasan Tuwel yang selanjutnya akan diusulkan menjadi varietas spesifik lokal. Sedangkan varietas yang ditanam pada 6 Oktober 2023 yakni Lumbu Hijau, Lumbu Kuning dan Jangkiria Adro.

Baca juga : Kementan: Pengawasan RIPH dan Wajib Tanam Bawang Putih Telah Berjalan dengan Baik

"Alhamdulillah, panen calon varietas atau klon yang sementara diberi nama XXX Tuwel menunjukkan hasil yang cukup bagus," ujar Marwadi.

Mawardi menyebut dari hasil demplot diperkirakan panen dengan luasan 1 hektar akan menghasilkan 15 ton bawang putih. selain hal tersebut akan dilakukan analisa oleh tim peneliti untuk diperiksa kelayakan sebagai calon varietas klon baru.

Baca juga : Wajib Tahu Manfaat Bawang Putih untuk Obati Jerawat, Begini Cara Penggunaannya

"Karena belum memiliki nama, hasil panen bawang putih binaan Bank Indonesia ini akan dianalisa terlebih dulu. Mulai dari bentuk daun, umbi, ukuran umbi dan jumlah siung rata-rata," terang Marwadi.

Panen tersebut dihadiri Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Tegal, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTan) serta perwakilan Peneliti (pengarah demplot) dari IPB University.

Setelah panen dilanjutkan dengan diskusi rencana pengembangan bawang putih Tuwel, yang untuk sementara waktu masih difokuskan pada produksi benih.

Termasuk pula intensifikasi program kemitraan swakelola produksi benih antara Kelompok Tani Berkah Tani dengan Kementan. Tujuannya agar berjalan dengan baik sesuai target produksi. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat