visitaaponce.com

Tungku Smelter PT IMIP di Morowali Terbakar Lagi, Ini Kronologinya

Tungku Smelter PT IMIP di Morowali Terbakar Lagi, Ini Kronologinya
Kebakaran smletre di PT Sulawesi Mining Investment atau PT SMI.(MGN)

KEBAKARAN tungku smelter kembali terjadi di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park atau PT IMIP, di Desa Fatupia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Kebakaran kali ini berlokasi di PT Sulawesi Mining Investment atau PT SMI. Empat unit Mobil Damkar milik PT. IMIP dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

Kebakaran Tungku Furnance 1 PT SMI di dalam Kawasan PT. IMIP terjadi pada Jumat malam Pukul 19.40 Waktu Indonesia Tengah. Kebakaran tersebut mengakibatkan 2 karyawan PT SMI sempat menjadi korban akibat mengalami sesak napas.

Berdasarkan data diperoleh, keduanya merupakan operator house crane. Masing-masing adalah Asrina asal Desa Keurea, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, dan Lesianita Tongku asal Desa Bahomakmur, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali.

Baca juga :Smelter Morowali Meledak Lagi, DPR: Pemerintah Lamban Mengaudit

Media Relations Head PT IMIP, Dedy Kurniawan yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya kebakaran terjadi akibat luapan tungku dan mengakibatkan cairan slag yang berada di dalam meluber dan merambat hingga ke lantai dasar smelter.

Akibatnya terjadi paparan panas terhadap jaringan kabel listrik yang ada di area itu. Untuk mencegah terjadinya kebakaran yang meluas aliran listrik di smelter milik PT SMI dipadamkan. Seluruh karyawan yang bekerja di area tersebut dievakuasi.

Baca juga : Polisi Temukan Pelanggaran SOP di Lokasi Ledakan Tungku Smelter PT ITSS

Dua karyawan yang menjadi korban dievakuasi untuk mendapatkan observasi dan penanganan. Hasil observasi, tidak ditemukan luka dan setelah kurang lebih dua jam berada di instalasi klinik PT IMIP, kedua karyawan tersebut diizinkan pulang.

Menurut Dedy, situasi saat ini sudah kembali normal. Namun pihak PT SMI masih menghentikan pengoperasian tungku 1 untuk kebutuhan investigasi dan perbaikan. (MGN/Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat