visitaaponce.com

Wapres Toleransi Santri dan Warga Tionghoa di Lasen Jadi Inspirasi

Wapres : Toleransi Santri dan Warga Tionghoa di Lasen Jadi Inspirasi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Ponpes Lasem(Dok. BPMI Setwapres)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan kehidupan toleransi yang terjadi di Lasem, Rembang, Jawa Tengah, menjadi inspirasi untuk masyarakat Indonesia.

Hal itu diungkapkan ketika melihat keharmonisan antara santri dan masyarakat keturunan Tionghoa di Pondok Pesantren (Ponpes) Kauman Lasem.

"Jadi sebenarnya ini contoh, dan ini barangkali yang menginspirasi sehingga Indonesia itu sekarang dikenal sebagai negeri yang paling toleran di dunia," ujar Wapres dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/1).

Baca juga : PeaceGen Tanamkan Nilai Keberagaman lewat Program Pramuka Abad 21

Wapres menjelaskan interaksi antarbudaya muslim dan etnik Tionghoa di Lasem telah terjadi jauh sebelum Indonesia merdeka. Ia berharap budaya saling menghormati itu dapat dipertahankan dan menjadi kekayaan bagi Lasem.

"Ternyata memang di sini (Lasem) tempat di mana terjadi akulturasi, perbauran antara masyarakat santri dan masyarakat Tionghoa," terangnya.

Baca juga : Wapres Tegaskan Dirinya Netral di Pemilu 2024

Lebih jauh, Ma'ruf menyebut beberapa waktu lalu, persatuan para cendekiawan muslim sedunia menemui dirinya untuk belajar toleransi. Indonesia dianggap negeri paling toleran yang bisa menjadi contoh bagi kehidupan.

"Ini rupanya juga peran Lasem di sini memberikan informasi terhadap kehidupan toleransi di Indonesia," pungkasnya.  (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat