visitaaponce.com

KPU Banyumas Antisipasi 534 TPS di Wilayah Rawan Bencana

KPU Banyumas Antisipasi 534 TPS di Wilayah Rawan Bencana
Pekerja merakit kotak surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (22/1).(ANTARA/ARIF FIRMANSYAH )

KPU Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mengidentifikasi ada 534 tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di wilayah rawan bencana. Baik daerah rawan bencana banjir maupun tanah longsor.

Ketua KPU Banyumas Rofingatun Khasanah menjelaskan TPS yang berada di lokasi rawan bencana di Banyumas tersebar di 12 kecamatan. Totalnya ada 534 TPS yang berpotensi terdampak bencana.

"Dari 534 TPS rawan bencana, 441 TPS rawan terdampak bencana banjir dan 93 berada di daerah rawan tanah longsor," jelasnya pada Senin (29/1).

Baca juga: KPU Banyumas Gelar Simulasi di TPS Rawan Bencana

Menurutnya, untuk mengantisipasinya, KPU telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas.

Sementara Komisioner KPU Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan Sidiq Fathonikata Thoni mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPBD untuk menyelaraskan standar operasional prosedur terkait penyelamatan logistik pemilu.

Baca juga: Bawaslu Banyumas Terima Informasi Keributan Saat Konser Sahabat Ganjar

"Jadi sudah ada koordinasi dalam rangka penyelamatan logistik Pemilu. Jika memang ada bencana, tentu saja sudah siap siaga. Bahkan, kemarin telah dipraktikkan bagaimana penyelamatannya melalui simulasi," kata dia.

Menurutnya, jika bencana terjadi, maka diharapkan anggota Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS) bertanggungjawab untuk menyelamatkan logistik pemilu.

"Untuk penyelamatan logistik dilakukan KPPS dan untuk penyelamatan jiwa serta harta benda akan dilakukan tim BPBD," tambahnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat