visitaaponce.com

Kepala BNPB Suharyanto Tinjau Posko Pengungsian Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Kepala BNPB Suharyanto Tinjau Posko Pengungsian Korban Erupsi Gunung Lewotobi
Kepala BNPB meninjau posko pengungsian korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT.(MI/Fransiskus Gerardus Molo)

Pascaerupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kepala badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) Suharyanto meninjau sejumlah posko pengungsian yang menjadi tempat evakuasi bagi masyarakat terdampak, Selasa (30/1).

Suharyanto berdialog langsung dengan para warga untuk mengetahui kondisi dan apa saja yang mereka butuhkan saat ini. Ia juga memotovasi warga untuk tetap tenang dan tabah dalam menghadapi bencana tersebut.

"Kehadiran BNPB mewakili presiden sebagai ungkapan dukacita yang mendalam atas bencana ini, sekaligus menguatkan warga untuk tetap tabah dan tidak putus asa, sambil berdoa agar bencana ini bisa segera berlalu, sehingga aktivitas warga dapat kembali normal," ujar Suharyanto di NTT, Selasa.

Baca juga: Klaten Siaga Hadapi Ancaman Erupsi Gunung Merapi

Selain melakukan peninjauan, Kepala BNPB juga menyerahkan bantuan logistik berupa sembako, selimut, kasur lipat, tenda dan makanan siap saji serta kebutuhan logistik lain. Selain itu juga bantuan berupa dana siap pakai sebesar Rp500 juta kepada pemda setempat.

Sementara itu, PVMBG telah menurunkan status Gunung Lewotobi Laki-laki dari level 4 atau awas, ke level 3 atau siaga. Status diturunkan karena aktivitas erupsi gunung sudah berkurang.

Baca juga: Awan Panas Guguran Gunung Merapi Meluncur hingga 1,5 Km

Kendati demikian, sebanyak 6.269 warga termasuk bayi dan balita serta lansia masih memilih bertahan di sejumlah posko pengungsian. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat