visitaaponce.com

40 Anggota KPPS di Cilacap Diduga Keracunan Makanan saat Bimtek

 40 Anggota KPPS di Cilacap Diduga Keracunan Makanan saat Bimtek
Ilustrasi keracunan makanan.(Dok. Freepik)

SETIDAKNYA 40 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Majingklak, Kecamatan Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) diduga keracunan makanan. Gejala keracunan itu muncul ketika para anggota KPPS mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di balai desa setempat pada Sabtu, (27/1) lalu.

Kapolsek Wanareja Ajun Komisaris Jarkoni mengatakan setelah ada pertemuan bimtek pada akhir pekan lalu, ternyata mereka mengalami gejala keracunan.

“Sebetulnya bimtek diselenggarakan Jumat dan Sabtu. Pada Jumat, tidak ada masalah. Tetapi pada Sabtu, anggota KPPS yang ikut bimtek mengalami gejala keracunan,” jelas Jarkoni pada Selasa (30/1).

Baca juga: Dinkes DKI Jakarta harus Pastikan Kesehatan Petugas KPPS

Menurutnya, makanan yang dikonsumsi selama acara bimtek termasuk nasi kotak dan snack. Ada sebanyak 40 anggota KPPS dibawa ke fasilitas kesehatan karena mengalami gejala keracunan makanan.

"Ada yang baru mengalami gejala keracunan setelah 24 jam makan. Awalnya, satu atau dua orang dibawa ke puskesmas, dan totalnya ada 40 orang," jelasnya.

Baca juga: Viral, Snack Pelantikan KPPS Sleman Disunat. KPU: Kita Usut

Hingga Selasa, (30/1) masih ada 16 orang yang masih dirawat di beberapa puskesmas. Dari jumlah tersebut, sebagian besar sudah membaik, dan kemungkinan bisa pulang segera.

Sementara Komisioner KPU Cilacap M Mughni mengatakan pihaknya telah menengok anggota KPPS yang masih dirawat.

“Untuk pengobatan, semuanya ditanggung pemerintah,” jelasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat