visitaaponce.com

Tertimbun Longsor, Jalan Penghubung Kaliwiro-Medono Ditutup

Tertimbun Longsor, Jalan Penghubung Kaliwiro-Medono Ditutup
Jalan penghubung antara Kaliwiro dan Medono di wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, ditutup karena longsor(Freepik)

JALAN penghubung antara Kaliwiro dan Medono di wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Kamis (1/2), terpaksa ditutup total lantaran tertimbun material longsor dari tebing di atasnya, Rabu (31/1) Malam. Penutupan jalan dikarenakan kondisi tanah masih bergerak dan dikawatirkan terjadi longsor susulan.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Dudy Wardoyo, menjelaskan, tanah longsor di ruas jalan penghubung Kaliwiro-Medono itu terjadi sekitar pukul 20.00 wib, Rabu (31/1). Sebelumnya daerah itu diguyur hujan deras selama beberapa jam. Lokasi longsor tepatnya berada di koordinat 7,48756S 109,85479E

"Hujan deras selama sekitar tiga jam mengakibatkan tebing setinggi 20 meter, kebar 30 meter dan ketebalan tanah satu meter longsor menutup bahu jalan Kabupaten yanv menghubungkan Kaliwiro - Medono," terang Dudy, Kamis (1/2). 

Baca juga : 4 Kecamatan di Wonosobo Kekeringan

Menurut Dudy, pembersihan material tanah longsor akan dilakukan hari ini. Pasalnya mereka membutuhkan eskavator atau alat berat untuk pengerukan dan pembersihan material longsor yang menutup jalan kabupaten itu.

"Upaya yang telah dilakukan antara lain mengecek lokasi, melakukan penutupan jalan, berkoordinasi dengan pihak terkait, menyampaikan laporan dan membuat himbauan pada warga agar lebih berhati-hati,"katanya. (Tosiani / TS)

Baca juga : Kawasan Hutan Dieng Terbakar, Sumber Api belum Diketahui

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat