visitaaponce.com

Jaga Jalan Desa, Warga di Tasikmalaya Pasang Portal dan Kutip Tarif Lewat

Jaga Jalan Desa, Warga di Tasikmalaya Pasang Portal dan Kutip Tarif Lewat
Warga memasang portal dan mengenakan tarif lewat kendaraan di Tasikmalaya(MI/KRISTIADI)

SALAH satu jalan umum di Kampung Kadondong, Desa Kawitan, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, dipasangi portal oleh warga. Mereka juga memungut tarif bagi kendaraan yang hendak lewat.

Untuk kendaraan roda empat diwajibkan membayar Rp2.000 dan roda enam Rp5.000. Praktik ini sempat diunggah warga di media sosial.

Camat Salopa, Agus Salim mengatakan, portal lengkap dengan papan tarif dipasang warga Kampung Kadondong. Ini merupakan inisiatif warga.

Baca juga : Banjir Bandang di Kampung Naga Hanyutkan 2 Ton Ikan dari 30 Kolam

"Pemasangan ini tidak ada kaitan dengan pemerintah desa, apalagi kecamatan. Pemungutan uang dilakukan dengan alasan untuk pemeliharaan jalan," ujarnya.

Pasalnya, jalan itu baru diperbaiki. Warga ingin kondisi jalan bisa awet. Pasalnya, sehari-hari, jalan yang menghubungkan Desa Mandalaguna dan Tanjungsari itu kerap dilintasi truk pengangkut kayu dengan tonase besar.

Agus mengatakan, masyarakat khawatir jalan desa cepat rusak, sehingga mereka memasang portal dan papan tarif. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk biaya pemeliharaan.

Baca juga : Arus Balik, Urbanisasi, dan Nasib Penduduk Perdesaan

"Portal jalan sebagai bentuk kearifan lokal dan menjaga jalan yang baru diaspal supaya tidak cepat rusak. Uang hasil dari tarif akan digunakan masyarakat untuk pemeliharaan jalan," tandasnya.

Jalan desa itu dibangun dengan anggaran desa tahun 2019 dan 2020.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat