visitaaponce.com

Japfa for Kids-Pemkab Mempawah Bersinergi Entaskan Siswa Malnutrisi

Japfa for Kids-Pemkab Mempawah Bersinergi Entaskan Siswa Malnutrisi
Japfa for Kids Sungai Pinyuh di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.(DOK IST)

DEPARTEMEN Social Investment Japfa Group bersama tim unit Poultry Feed, PT Suri Tani Pemuka, Poultry Breeding Anjungan, dan PT Ciomas Adisatwa menggelar program Japfa for Kids Sungai Pinyuh di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Melalui program tersebut Japfa berupaya menurunkan kasus malnutrisi pada siswa di 15 SD yang ada di Sungai Pinyuh. Intervensi program dilaksanakan sejak Juli hingga Desember 2023 melalui program Satu Hari Satu Telur.

Vice President-Head of Social Investment Japfa Artsanti Alif dalam pertemuan diseminasi program Japfa For Kids di Sungai pinyuh pada akhir bulan lalu mengatakan hasil intervensi yang dilakukan Japfa menunjukkan dari 204 siswa malnutrisi yang mengikuti program, 129 siswa di antaranya atau sebanyak 63% yang mengikuti program berhasil meningkatkan status gizinya menjadi gizi baik.

Baca juga : 10 Manfaat Susu Beruang Bagi Tubuh

"Acara tersebut menjadi momentum membangun sinergi antara guru, pemerintah kabupaten, dinas pendidikan, dan kesehatan, yang memiliki komitmen kuat terhadap pengentasan malnutrisi di Sungai Pinyuh. Pertemuan lintas sektor tersebut bukan hanya menjadi forum diskusi, tetapi juga kesepakatan bersama untuk menciptakan langkah-langkah konkrit dalam upaya penanggulangan malnutrisi," kata Artsanti.

Kabag Kesra Kabupaten Mempawah, Rahmanudin Wiyono, mewakili Pemkab berkomitmen memberikan kontribusi dalam penyediaan protein hewani yang terjangkau guna melanjutkan program Satu Hari Satu Telur bagi siswa malnutrisi yang masih tersisa.

“Program yang di Sungai Pinyuh dilanjutkan dan dituntaskan terlebih dahulu agar bisa "nol" malnutrisi. Khusus untuk 75 siswa malnutrisi ini kami siap membiayai subsidi telurnya selama tiga bulan,” tutur Rahmanuddin.

Baca juga : Atasi Stunting, Sumatra Barat Bagi-Bagi Sembako dan Telur

Staff ahli bupati bidang SDM Kabupaten Mempawah, Raja Fajar juga menyatakan kesiapannya untuk menjadi motor penggerak dalam pembentukan tim monitoring pengentasan malnutrisi di tingkat kabupaten.

“Hal baik yang sudah dilaksanakan oleh Japfa akan tetap di lanjutkan. Saya akan mendiskusikannya lintas dinas untuk membentuk tim monitoring program. Kami akan membentuk tim untuk mendukung semua itu. Kami berkomitmen mengentaskan sisa siswa malnutrisi. Sekitar Agustus kita semua akan berkumpul kembali, dan Pemkab Mempawah yang akan mempresentasikan capaian program pengentasan malnutrisi kepada Japfa,” janji Raja Fajar.

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana juga berkomitmen mengambil peran sebagai tim Monev Hari Sehat Japfa di setiap sekolah. Sedangkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga juga siap mendukung program, terlebih program Japfa for Kids bersinergi dengan aturan mengenai Kampanye Sekolah Sehat yang di motori oleh instansinya.

Baca juga : Sigi Bagikan 500 Telur Ayam kepada Anak yang Rentan Stunting

Program Japfa for Kids Sungai Pinyuh bukan hanya memberikan dampak positif pada status gizi siswa, tetapi juga membangun sinergi yang kuat antara berbagai pihak dalam upaya bersama mengatasi permasalahan malnutrisi.

“Japfa terus berkomitmen untuk berkontribusi positif bagi masyarakat melalui inisiatif sosial seperti ini, menciptakan dampak nyata dan berkelanjutan. Kami sangat bahagia ketika dari berbagai instansi yang hadir ternyata gayung bersambut dengan inisiatif Japfa dalam mengentaskan malnutrisi di Sungai Pinyuh,” kata Artsanti. (Z-6)

 

Baca juga : Pemkot Palangka Raya Bentuk Duta Stunting

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat