visitaaponce.com

Perkuat Industri Halal, Halalin Gaet Komunitas Global

Perkuat Industri Halal, Halalin Gaet Komunitas Global
Ilustrasi. Acara Makkah Halal Forum.(Dok.Halalin)

KEBUTUHAN akan produk halal memang semakin besar di dunia, termasuk Indonesia. Karena itu semua pihak harus menyikapinya dengan positif. Hal itu diungkapkan CEO Halalin, Yuliana Z Mega dalam acara Makkah Halal Forum, pekan lalu.

Menurutnya acara tahunan yang diadakan di kota suci Makkah pada 23-25 Januari itu bertujuan untuk memperkuat industri halal melalui kolaborasi global. Fokus utama  acara itu yakni inovasi, sertifikasi, pemasaran, dan pertumbuhan ekonomi dalam industri halal.

Lebih lanjut ia menjelaskan Makkah Halal Forum merupakan platform  internasional yang dihadiri oleh pemangku kepentingan industri halal dari seluruh dunia. 

Baca juga : Oktober, Produk Luar Negeri juga Wajib Punya Sertifikasi Halal

"Para pemimpin industri, peneliti, lembaga sertifikasi, perwakilan pemerintah, dan pelaku ekonomi hadir untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide inovatif dalam rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri halal. dan Halalin adalah satu satunya startup yang hadir dari Indonesia," ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa sebagai agregator halal industri tujuan mereka hadir pada acara itu yakni memperkuat kolaborasi global. "Dalam forum khusus untuk pemangku kepentingan industri halal dari berbagai negara untuk saling berinteraksi, berkolaborasi, dan menjalin kemitraan strategis dalam memperluas peluang perdagangan internasional dalam industri halal seperti pertemuan ini." 

Selain itu, menurutnya interaksi antara  Halalin bersama Maan Taha El Edresi Manager dari Halal Devco Saudi Arabia, Mohammed S. Rizg Executive dari Council of Saudi Chambers, Abdulmaalik Tailor Director dari Halal Cruises UK, Adviser dari Bosnia & Herzegovina Ministry of Foreign Affairs dan negara lain membuka koneksi lebih luas. 

Baca juga : BPJPH dan PT Pos Indonesia Jajaki Kerja Sama, Sukseskan Kewajiban Produk Bersertifikat Halal Pada Oktober 2024

"Acara ini menjadi platform bagi para pemimpin industri, pakar, dan peneliti untuk berbagi pengetahuan terkini tentang perkembangan terbaru dalam  teknologi, produk, dan layanan halal sesuai dengan kebutuhan konsumen global." 

Menurut Yuliana meningkatkan kesadaran akan pentingnya sertifikasi halal menjadi urgensi tersendiri. "Acara itu  membahas pentingnya sertifikasi halal yang sah dan terpercaya bagi produk dan jasa tentang proses sertifikasi, tantangan yang dihadapi, dan manfaat yang dapat diperoleh melalui sertifikasi halal." 

Ia juga menyampaikan bahwa untuk memperluas pasar dan promosi produk halal  akan mendorong pertumbuhan pasar global bagi produk halal melalui pemetaan pasar potensial, strategi pemasaran, dan promosi produk halal yang efektif. "Mekah merupakan kota suci bagi umat Muslim di seluruh dunia dan sering kali menjadi pusat perhatian global dalam hal kegiatan spiritual, budaya, dan komersial." 

Baca juga : Menag Dorong Produk Halal Indonesia Masuk Pasar Haji Dunia

"Indonesia merupakan satu-satunya negara yang ada di dunia yang sudah mempunyai undang-undang halal secara lengkap dan terperinci, dan juga pasar Muslim terbesar ketiga dunia. Jadi kami yakin dapat menjadi perusahan yang  menjadi  mitra strategis dalam bisnis pemilik perusahan global," ujarnya. (AD/N-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat