visitaaponce.com

Pemprov Jawa Tengah Gandeng Ulama untuk Mengawal Pemilu

Pemprov  Jawa Tengah Gandeng Ulama untuk Mengawal Pemilu
Ilustrasi Bawaslu Tegal, Jawa Tengah, mengimbau pengurus parpol untuk melepas APK sebelum masa tenang kampanye.(MI/Supardji Rasban)

ULAMA dinilai masih memiliki pengaruh kuat terhadap masyarakat Indonesia. Terbukti masih banyak masyarakat yang mengikuti perkataan maupun sikap dari para ulama.

Oleh karena itu, seiring dengan semakin dekatnya penyelenggaraan pemilu 2024, Pemerintah provinsi Jawa Tengah menggandeng para ulama di setiap daerah untuk
menciptakan pemilu secara damai.

"Kita harapkan aparatur TNI, Polri, MUI, untuk terus menggelorakan dan mengimbau masyarakat, supaya melaksanakan pemilu damai dan tidak mudah diprovokasi," kata Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana seusai membuka Halaqah Ulama bertema 'Penguatan Kerukunan Umat Beragama Menuju Pemilu Damai 2024' di Hotel Laras Asri di Kota Salatiga pada Jumat (2/2) malam.

Baca juga : Anies Baswedan: Pecat Kiai Bakal Kualat

Menurut Nana, pemilu bisa dilaksanakan jika situasi kondusif.  Apabila kondisinya penuh konflik, pemilu tidak akan bisa berjalan dengan baik. Itu sebabnya peran ulama, tokoh agama, sangat dibutuhkan dalam menciptakan perdamaian.

Sementara itu, Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji menyampaikan, pihaknya berkomitmen membantu mewujudkan pemilu damai di wilayahnya. Untuk mendukung terciptanya pemilu damai di Jateng, MUI setidaknya sudah mengadakan empat kali halaqoh. Pada halaqoh kelima yang akan datang, akan diikuti dengan penanda tanganan deklarasi pemilu damai oleh para tokoh semua agama di Jateng.

Pada halaqoh pertama bertema pemilu adalah pesta bukan pepatah. Kedua bertema Menemukan Pemimpin yang Baik, ketiga bertema Janji Pemilu Adalah Hutang, dan keempat Kemenangan Pemilu Adalah Kemenangan Bersama.

Baca juga : FIM akan Gelar Kongres Kaum Moeda Indonesia, Akhir Januari 2024

Dikatakan Daroji, hasil halaqoh itu sudah dibukukan dan didistribusikan ke  khalayak, Selain halaqoh, MUI juga menyusun naskah khotbah pemilu damai  untuk dibacakan serentak di seluruh masjid di Jateng yang jumlahnya sekitar 60 ribu. (HT/N-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat