visitaaponce.com

841 TPS di Sulawesi Tengah Masuk Kategori Rawan

841 TPS di Sulawesi Tengah Masuk Kategori Rawan
Ilustrasi(MI/Ramdani)

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Sulawesi Tengah menyebut ada 841 tempat pemungutan suara (TPS) yang masuk kategori rawan pada saat gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Personel gabungan pun disiapkan untuk melakukan pengamanan.

“TPS yang rawan itu tersebar di seluruh wilayah Sulteng,” ujar Kepala Biro Operasi Polda Sulteng Ferdinan Maksi Pasule di Palu, Sulteng, Minggu (4/2).

Secara rinci, Ferdinan menjealskan kategori sangat rawan adalah adalah TPS yang berada di daerah yang sulit ditempuh. Kemudian, kategori daerah rawan adalah daerah yang pernah punya histori konflik atau berpotensi konflik, seperti di Kabupaten Poso dan beberapa kabupaten lainnya.

Baca juga : Lawan Kecurangan, Timnas Amin Terapkan Saksi Berlapis

“Sedangkan kalau kurang rawan itu situasinya cukup kondusif,” tuturnya.

Ferdinan menambahkan, untuk memberi pengamanan di 841 TPS itu, Polda Sulteng akan kembali menurunkan 3.303 personel gabungan.

“Seluruh personel itu nantinya akan melaksanakan pengamanan di saat pencoblosan dimulai hingga berakhir perhitungan di TPS,” imbuhnya.

Baca juga : Simpul Relawan Anies Baswedan Deklarasi Kawal TPS

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Djoko Wienartono menambahkan, sebelumnya 1.677 personel yang tergabung dalam Satgas Operasi Mantap Brata Tinombala lebih dulu telah diturunkan.

Mereka bertugas mengamankan pelaksanaan kampanye dan kegiatan lain khususnya pengamanan logistik Pemilu 2024.

"Ribuan personel itu mulai bertugas per 1 Januari 2024,” ungkapnya.

Baca juga : Warga Sumbar Diajak untuk Sukseskan Pemilu 2024

Djoko mengatakan, dalam pengamanan ini, Polri juga mendapatkan dukungan personel dari TNI. Bantuan TNI tersebut juga sudah sejak tahapan awal pemilu di 2023. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat