visitaaponce.com

Semua Kecamatan di Bangka Rawan Potensi Serangan Fajar

Semua Kecamatan di Bangka Rawan Potensi Serangan Fajar
Bawaslu Bangka mengatakan serangan fajar berpotensi terjadi di seluruh Kabupaten Bangka.(Antara)

SEMUA kecamatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka belitung (Babel) rawan berpotensi terjadinya serangan Pajar atau money politik.

Hal itu disampaikan Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bangka Fega Erora disela sela Rapat Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Masa Kampanye pada Pemilu 2024 di Kantor Bawaslu, Kamis (8/2).

Ia mengatakan politik uang masih menjadi isu yang mengemuka yang terus di awasi Bawaslu, menjelang hari pencoblosan pemilu 14 Februari.

Baca juga : Bawaslu Ingatkan Caleg tidak Lakukan Politik Uang Jelang Masa Tenang

Fega menyebutkan politik uang berpotensi terjadi malam atau pagi hari sebelum pencoblosan. "Money politik dengan serangan Pajar ini sangat berpotensi terjadi, untuk mempengaruhi pemilih, biasanya malam atau subuh sebelum pencoblosan," kata Fega.

Potensi serangan pajak ini, kata Fega, di kabupaten Bangka merata hampir di seluruh Kecamatan baik itu di perkotaan maupun di desa

"Potensi serangan Pajar ini merata, hampir di seluruh kecamatan di kabupaten kota,"ujarnya.

Baca juga : Bawaslu Riau Larang Pemilih Bawa Ponsel ke Bilik Suara

Pihaknya bersama panwascam akan melakukan pengawasan lebih intensif guna mengantisipasi terjadinya serangan Pajar tersebut.

"Selain meningkatkan pengawasan, kita juga menghimbau masyarakat tidak menerima jika ada melakukan serangan pajar dengan memberikan uang untuk memilih," ungkapnya.

Di tengah keterbatasan personil, pihaknya berharap peran serta masyarakat membantu mengawasi jika ada yang melakukan serangan pajar.

Baca juga : Bawaslu Klaim Bakal Maksimalkan Pengawasan di TPS

"Kami sangat berharap ada laporan masyarakat terkait serangan Pajar ini, agar kami bisa mengambil tindakan, karena sudah masuk dalam kejahatan pemilu,"tegasnya.

Ia menambahkan Bawaslu Bangka sudah melakukan pengawasan kampanye sebanyak 1.043 kali. Dengan rincian pertemuan tatap muka 891 kali, pertemuan terbatas 41 kali, kegiatan lainya 102 kali.

Selanjutnya penyebaran bahan kampanye 9 kali, kegiatan kampanye yang dibatalkan peserta 39 kali,"kalau untuk APK yang kita tertibkan sampai saat ini sebanyak 954 kali," ucapnya.(Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat