visitaaponce.com

Komisioner KPU Wonosobo Kerahkan KPPS Menangkan Salah Satu Paslon

Komisioner KPU Wonosobo Kerahkan KPPS Menangkan Salah Satu Paslon
Dalam bukti foto dan rekaman suara, salah satu komisioner KPU Wonosobo tengah membicarakan upaya pemenangan capres nomor urut 03.(Metro TV)

SEORANG komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, dilaporkan oleh masyarakat ke Bawaslu. Pasalnya, sang komisioner diduga melakukan tindak kecurangan pemilu 2024, dengan berusaha memenangkan salah satu pasangan capres.

Dalam bukti foto dan rekaman ini, terlihat jelas suara yang diduga salah satu komisioner KPU Wonosobo berinisial RR (Riswahyu Raharjo), tengah membicarakan upaya pemenangan capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo – Mahfud MD, dalam pemungutan suara Pilpres 2024 pada 14 februari mendatang.

Suasana pertemuan komisioner KPU dengan sejumlah PPK tersebut, diduga terjadi di sebuah hotel di Wonosobo pada awal Februari 2024. 

Baca juga : Perkuat Kelembagaan Bawaslu Jakbar Siap Sukseskan Pemilu 2024

Diduga sejumlah PPK diminta untuk meneruskan ke panitia desa (KPPS) untuk pemenangan capres 03, yang juga pemberian sejumlah uang operasional.

Berkas barang bukti tersebut telah diserahkan ke Bawaslu Wonosobo, oleh sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan koalisi masyarakat peduli pemilu bersih (Kompilasi) Wonosobo. 

Mereka meminta Bawaslu menindak tegas oknum komisioner KPU, karena dinilai telah melanggar etika dan kecurangan dalam Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga : Pemkot Malang Larang ASN Cuti Saat Pemilu 2024

Sementara itu Ketua Bawaslu Wonosobo Sarwanto Priadi mengatakan, setelah menerima laporan tersebut pihaknya akan segera bertindak dengan pemeriksaan awal sejumlah saksi dan terlapor. 

"Nantinya akan disampaikan secara terbuka hasil penyelidikan, jika ditemukan pelanggaran etik atau masuk pidana terkait pembagian uang operasional untuk KPPS," janjinya.(MGN/Z-4)

Baca juga : Satpol PP DKI Kerahkan 3.838 Petugas Amankan Pemilu 2024

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat