visitaaponce.com

KPU Tulungagung Temukan 10 WNA Masuk Dalam DPT Pemilu 2024

KPU Tulungagung Temukan 10 WNA Masuk Dalam DPT Pemilu 2024
Proses persiapan pemungutan suara Pemilu 2024 di Tulungagung.(Dok. Metro TV)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Jawa Timur, menemukan 10 warga negara asing (WNA) masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Temuan ini merupakan yang kedua kali setelah sebelumnya pengungsi Rohingya juga masuk DPT.

Masuknya 10 WNA dalam DPT Pemilu 2024 di Tulungagung, Jawa Timur diketahui setelah KPU menerima daftar WNA yang tinggal di Tulungagung dari kantor imigrasi Blitar.

KPU Tulungagung akhirnya melakukan proses penelitian DPT dan validasi di lapangan. Hasilnya 10 WNA ditemukan masuk dalam DPT.

Baca juga : Pemkot Malang Larang ASN Cuti Saat Pemilu 2024

Terkait temuan itu, pihak KPU Tulungagung mengaku langsung mengusulkan pencoretan terhadap 7 orang. Sementara 3 sisanya masih dikonsultasikan dengan KPU Jawa Timur, karena di duga memiliki kewarganegaraan ganda.

Komisioner KPU Tulungagung, Safari Hasan menjelaskan lolosnya 10 WNA dalam DPT tersebut terjadi karena seluruhnya tercatat dalam sistem administrasi kependudukan Indonesia yang dikeluarkan oleh Dispendukcapil Tulungagung. Bahkan WNA tersebut dapat menunjukkan KTP saat dilakukan pencocokan dan penelitian atau coklit.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat