visitaaponce.com

Harga Tiket Pesawat Mahal, Dharma Lautan Utama Buka Rute Pelayaran ke Kupang

Harga Tiket Pesawat Mahal, Dharma Lautan Utama Buka Rute Pelayaran ke Kupang
PT Dharma Lautan Utama (DLU) mulai membuka rute pelayaran dari Surabaya ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, dengan harga yang lebih terjangkau.(MI/Palce Amalo)

ARMADA Pelayaran Nasional PT Dharma Lautan Utama (DLU) mulai membuka rute pelayaran dari Surabaya ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (12/2).

Pelayaran dari Surabaya ke Kupang ditempuh selama 50 jam mengunakan Kapal Motor Dharma Kartika V, kapal feri cepat dan mewah berkapasitas 1.002 penumpang dan 300 kendaraan bermotor campuran.

Kapal tersebut sandar di Pelabuhan Tenau Kupang pada Senin siang, disambut Penjabat Wali Kota Kupang Fahrensy Funay bersama pejabat dinas perhubungan dan staf, Serena Francis sebagai promotor utama pembukaan rute baru tersebut.

Baca juga : 3 Maskapai Langgar Batas Atas Harga Tiket Pesawat

"Saya terinspirasi ketika keliling daerah, saya menemukan masyarakat kesulitan mengirim hasil bumi ke Jawa, kemudian anak-anak muda yang mau liburan ke Pulau Sumba, tiket (pesawat) mahal sekali," kata Serena Francis mengenai asal mulai pembukaan rute pelayaran Surabaya-Kupang tersebut.

Dari pengalaman tersebut, Serena menitipkan permintaan kepada pemilik PT Dharma Lautan Utama untuk membuka rute pelayaran ke Kupang dan Sumba. "Puji Tuhan, sudah terealisasi hari ini," ujarnya.

Tidak hanya melayari rute ke Kupang, kapal ini juga melayari rute Surabaya-Waingapu (Sumba Timur) selama 35 jam, juta rute Kupang-Waingapu. Untuk harga tiket kelas ekonomi Kupang-Waingapu hanya Rp250.000 per penumpang, dibandingkan harga tiket pesawat udara untuk rute yang sama mencapai Rp3 juta per penumpang.

Baca juga : Tren Wisatawan 2023: Harga Jadi Faktor Utama Penentu Preferensi

"Pembukaan rute ini untuk imbangi dengan harga tiket yang cukup mahal, harga tiket pesawat dari Kupang ke Sumba bisa naik sampai Rp3 juta per penumpang," tambah Plt Kepala Dinas Perhubungan NTT, Simon.

Simon juga berharap armada pelayaran ini juga membuak rute pelayaran antarpulau di NTT karena sangat berkontribusi bagi pelaku usaha maupun perjalanan orang karena cepat dan murah.

Operation and Business Director, PT Dharma Lauan Utama, Rakhmatika Ardianto menyebutkan pihaknya berharap masyarakat puas dengan pelayanan yang disiapkan di kapal. 

Baca juga : Ancam Bawa Bom, Penumpang Pelita Air Rute Surabaya-Jakarta Ditangkap

"Kami memilih rute ke Kupang karena ada permintaan dari masyarakat melalui Serena Francis, karena harga pesawat cukup tinggi sehingga kita hadirkan transportasi laut  dengan harga yang lebih murah, dan perjalanan tidak terlalu lama," ujarnya.

Adapun fasilitas yang disiapkan di kapal antara lain ruang baca, swalayan, ruang bermain anak, mushola, ruang gym, ruang podcast, geladak kendaraan, panggung, ruang karaoke, mini soccer, barber shop, serta kamar kelas I, I, III dan VIP.(Z-3)
 

Baca juga : Penumpang Pelita Air Surabaya-Jakarta Ancam Membawa Bom

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat