visitaaponce.com

Pertikaian Antarkelompok di Nduga Sebabkan 3 Warga dan 1 Prajurit TNI Terluka

Pertikaian Antarkelompok di Nduga Sebabkan 3 Warga dan 1 Prajurit TNI Terluka
Aparat keamanan melakukan penjagaan usai pertikaian antarkelompok di Kabupaten Nduga, Papua(Dok. Polres Nduga)

DUA kelompok masyarakat bertikai di Kota Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Sabtu, (17/2). Akibatnya, tiga warga sipil dan satu prajurit TNI terluka.

"Pihak kepolisian telah berhasil mengamankan tujuh orang terkait insiden tersebut, tiga di antaranya mengalami luka akibat pertikaian tersebut, namun telah mendapat penanganan medis dari Sie Dokkes Polres Nduga," kata Kapolres Nduga, AKBP V. J. Parapaga dalam keterangan tertulis.

Parapaga mengatakan aparat keamanan juga terdampak akibat insiden ini. Seorang anggota TNI Serda Valen mengalami luka di paha akibat terkena panah. Menurutnya, perselisihan antara dua kelompok tersebut diduga didalangi oleh tiga pelaku utama, yakni IG, LG, dan L.

Baca juga : Penghitungan Suara Caleg di Papua Ricuh, 1 Tewas 2 Luka

"IG telah menjalani pemeriksaan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Nduga," ungkapnya.

Kapolres menerangkan pihaknya sedang aktif menjalin komunikasi dengan Penjabat (Pj) Bupati Nduga Edison Gwijangge dan Dandim 1706/ND. Guna mencari penyelesaian masalah melalui mediasi terhadap kedua belah pihak yang terlibat.

"Sementara kami terus berupaya menjalin komunikasi dengan para tokoh masyarakat guna mengimbau agar konflik yang terjadi dapat dihentikan," pungkasnya.

Baca juga : 1.297 TPS di Papua belum Melaksanakan Pencoblosan

Kapolres menyebut konflik antara kedua kelompok tersebut buntut dari kesepakatan pembagian hak suara sistem noken calon anggota legislatif (caleg) yang melibatkan pertalian darah.

 Untuk diketahui, sistem noken menggunakan prinsip pemilihan dengan model election in the field yang berarti langsung, umum, bebas, terbuka, jujur, dan adil. Tak hanya itu, sistem ini juga berkaitan langsung dengan para pemimpin tradisional, yang mempercayakan keputusan ada di tetua atau pemimpin suku.

Peristiwa ini menjadi perhatian serius aparat berwenang. Upaya mediasi serta dialog terus dilakukan untuk mencapai penyelesaian yang harmonis dan mengembalikan kedamaian di wilayah tersebut.

Baca juga : Surat Suara 4 Distrik di Paniai, Papua Tengah Dilaporkan Dirusak

Pihak kepolisian juga terus melakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan semua pihak untuk menghindari eskalasi lebih lanjut dari konflik tersebut. Sementara itu, Kapolres memastikan meski ada gangguan situasi keamanan masih terkendali.

"Hingga saat ini, keadaan di Kabupaten Nduga, khususnya di Kota Kenyam, berada dalam kondisi aman terkendali," pungkasnya. (Z-5)

Baca juga : Pihak yang Mengganggu Pemilu Bisa Dipidana

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat