visitaaponce.com

Pihak yang Mengganggu Pemilu Bisa Dipidana

Pihak yang Mengganggu Pemilu Bisa Dipidana
Petugas KPU membawa logistik surat suara Pemilu saat simulasi sortir, lipat dan pengepakan logistik di Kantor KPU, Kabupaten Bogor, Jabar.(ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA)

KEPALA Operasi (Kaops) Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani menyatakan bahwa pihaknya turut terlibat memastikan Pemilu 2024 di Papua berjalan aman dan damai. Satgas Operasi Damai Cartenz biasanya bertugas memberantas kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan kelompok kriminal politik (KKP) di Bumi Cenderawasih itu.

“Satgas Damai Cartenz 2024 akan siaga penuh untuk membantu Polda Papua dalam mengamankan kegiatan Pemilu dari gangguan KKB dan KKP,” kata Faizal dalam keterangan tertulis, Selasa (30/1).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz AKB Bayu Suseno menambahkan pihaknya mengimbau semua pihak di Papua sama-sama menjaga persatuan dan kesatuan menjelang hari pencoblosan Pemilu yakni pada Rabu (14/2). Sebagaimana pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa perbedaan pilihan adalah hal biasa, namun tidak menjadikan masyarakat terpecah-belah.

Baca juga: Anies Baswedan Janji Kaji Ulang Undang-undang Cipta Kerja

Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menolak Pemilu karena dinilai penuh dengan manipulasi, korup, dan pecah belah serta permusuhan sesama rakyat terjajah. Bayu menekankan pihak yang mengganggu penyelenggaraan Pemilu bisa dikenakan Pasal 517 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Dalam pasal itu disebutkan bahwa setiap orang yang dengan sengaja menggagalkan pemungutan suara, dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp60 juta," tegas Bayu.

Baca juga: Rhoma Irama Ajak Penggemar Pilih Anies Baswedan-Cak Imin

Di samping itu, tokoh masyarakat Papua Thaha Alhamid menyampaikan, masyarakat sangat berperan dalam menciptakan Pemilu yang damai. Oleh karena itu, kata dia, semua harus turut serta mewujudkan pesta demokrasi yang berujung pada kesejahteraan rakyat.

"Masyarakat berperan besar untuk menciptakan Pemilu yang damai dan mendukung pemerintah, 207 kampung, dan segenap pihak lain. Oleh karena itu, perdamaian harus dijaga agar Pemilu berlangsung lancar tanpa ada kerusuhan, apalagi pertumpahan darah," katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat